Baca Sampai Selesai, Ini Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Saat Pandemi COVID-19

Jumat, 21 Mei 2021 22:19 WIB

Penulis:Sutan Kampai

closeup-shot-entrepreneur-working-from-home-his-personal-finances-savings_181624-16906.jpg
Ilustrasi. Menghemat pengeluaran saat masih terjadi pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang telah melanda berbagai negara bahkan Indonesia. Pandemi COVID-19 telah menimbulkan banyak kekhawatiran, baik soal kesehatan tapi juga tentang keuangan.

Saat pandemi COVID-19, banyak pekerja yang mengalami pemotongan upah atau gaji, kontrak kerja diputus, atau gagal mendapatkan kenaikan gaji.

Hal ini tentu berdampak buruk bagi banyak orang. Padahal, sekarang pandemi COVID-19 masih melanda Tanah Air.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui strategi keuangan dengan menentukan cara menghemat pengeluaran agar bisa menabung lebih banyak.

Simak tips dan cara mudah menghemat pengeluaran agar bisa menabung lebih banyak uang saat pandemi COVID-19 berikut ini.

Gunakan Teknologi Untuk Berbelanja

Ketika Anda ingin berbelanja barang apapun, pastikan untuk memeriksanya melalui internet terlebih dahulu. Anda akan menemukan produk yang Anda inginkan dengan harga yang berbeda-beda dan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli, Anda bisa membeli barang yang tepat guna sekaligus menghemat pengeluaran.

Kejar Pengembalian Uang untuk Layanan yang Tidak Dapat Anda Gunakan

Pada saat pandemi COVID-19 seperti ini, keanggotaan gym tampaknya tidak akan digunakan. Hal ini karena masih banyak tempat gym yang tutup, selain itu berolahraga di tempat tertutup juga meningkatkan risiko terkena COVID-19.

Oleh karena itu, cermatilah hak dan kewajiban Anda dalam keanggotaan gym tersebut. Coba cari tahu, apakah ada pengembalian uang tunai jika konsumen tidak dapat lagi menggunakan produk mereka karena adanya lockdown.

Klaim Manfaat yang Menjadi Hak Anda

Pada saat pandemi COVID-19 seperti ini, pemerintah telah menggelontorkan sejumlah dana untuk membantu masyarakat. Meski dukungan finansial dari pemerintah sudah ada, tetapi Anda juga perlu untuk mengklaimnya, seperti tunjangan gaji, tunjangan pekerjaan UMKM dan sebagainya. (TrenAsia.com)