Cocok Bagi yang Masih Jomlo, Begini Cara Mudah Menabung Uang

Minggu, 11 April 2021 19:34 WIB

Penulis:Sutan Kampai

Ilustrasi menabung, Foto: ist
Ilustrasi menabung, Foto: ist

Memiliki tabungan yang meningkat merupakan salah satu tujuan yang banyak ditetapkan oleh setiap orang. Bahkan, kini tersedia banyak tips dan trik yang membantu Anda untuk bisa menabung setiap hari.

Tetapi, godaan untuk selalu membelanjakan uang dan tidak menabung tentu lebih besar. Meski begitu, jangan menyerah.

Karena ada cara mudah yang membuatmu bisa menabung uang setiap hari, seperti yang dikutip dari TrenAsia.com

Hindari membeli kopi di kafe

Menahan godaan untuk membeli kopi tiap hari tentu berat. Jika Anda masih susah untuk berpisah dengan kopi, belilah coffee maker yang justru lebih hemat daripada harus beli kopi tiap hari.

Masak makan malam sendiri

Meski terlihat kecil dan sepele, makan malam di luar justru lebih boros daripada makan hasil masakan sendiri. Tak hanya lebih hemat, jika masakan makan malam Anda masih sisa, bisa Anda simpan untuk lauk sarapan besok pagi.

Bawa bekal sendiri

Makan siang bersama teman-teman tentu menyenangkan. Tapi lebih hemat jika Anda membawa bekal makanan sendiri. Dengan disiplin membawa bekal, Anda jadi lebih menghemat banyak uang.

Hentikan langganan TV kabel

Jika Anda ingin lebih menghemat, berhenti berlangganan TV kabel juga perlu untuk dilakukan. Jika Anda benar-benar menggunakannya setiap hari, cobalah menggunakan pilihan yang lebih terjangkau seperti layanan streaming online.

Simpan Rp 10 ribu sehari

Gunakan celengan atau tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan uang. Tabunglah uang sebesar Rp 10 ribu setiap hari dan lakukan secara konsisten. Ketika akhir bulan, kamu bisa mendapatkan Rp 300 ribu. Tabungan ini tentu bisa untuk menambah biaya kebutuhan hidupmu, apalagi akhir bulan biasanya identik dengan uang yang sudah menipis.

Matikan lampu dan AC

Pastikan untuk selalu mematikan lampu dan AC saat ruangan dan rumah tidak dipakai. Meski terlihat sepele, jika hal ini tidak dilaksanakan justru dapat menambah tagihan di akhir bulan.