Helm MotoGP untuk Harian: Tips Memilih yang Nyaman dan Bergaya

Rabu, 07 Agustus 2024 09:25 WIB

Penulis:Redaksi Daerah

Editor:Redaksi Daerah

Tips Memilih Helm Harian yang Nyaman dan Bergaya ala MotoGP
Tips Memilih Helm Harian yang Nyaman dan Bergaya ala MotoGP (Instagram kythelmet)

JAKARTA – Helm adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dikenakan saat mengendarai kendaraan roda dua. Namun, tidak hanya soal keamanan, kenyamanan saat menggunakan helm juga penting untuk diperhatikan.

Ajang balap MotoGP telah banyak memberi inspirasi pelaku otomotif, khususnya roda dua. Salah stunya desain helm.

Banyak orang memilih helm full face buat harian karena terinspirasi menonton MotoGP.  Selain lebih aman dibandingkan dengan open face, helm ini juga menawarkan desain  keren saat Anda gunakan.

Dengan desain  aerodinamis, helm full face motor akan membantu mengurangi hambatan angin dan meningkatkan stabilitas saat melaju. Fitur seperti visor anti-fog, padding yang nyaman, serta sistem ventilasi yang efisien. Dengan menggunakan helm full face motor, Anda dapat merasa lebih percaya diri dan aman saat berkendara.

Berikut tips memilih helm harian yang nyaman dengan tampilan MotoGP, dikutip dari Avgust Print, Jumat, 2 Agustus 2024. 

Cara Memilih Helm Harian yang Nyaman

Keamanan 

Keamanan adalah hal utama yang harus Anda perhatikan saat memilih helm motor. Pastikan helm memiliki sertifikasi keamanan seperti SNELL atau DOT, yang menjamin bahwa helm tersebut telah melewati standar keamanan yang ketat. 

Selain itu, perhatikan juga sistem pengikat dan penguncian helm untuk memastikan bahwa helm dapat terpasang dengan aman dan tidak mudah lepas saat mengendarai.

Ukuran yang Sesuai

Sesuaikan lingkar kepala Anda dengan ukuran helm yang disediakan. Umumnya produsen helm akan menyediakan beberapa ukuran, misalnya S, M, L, dan XL. Setiap ukuran memiliki diameter yang berbeda-beda. 

Anda bisa membaca panduan ukuran atau size chart dari masing-masing produsen helm karena kemungkinan besar beda merek akan berbeda ukuran.

Mencoba Helm Secara Langsung

Dengan mencoba langsung, Anda jadi tidak perlu repot untuk menerka-nerka apakah helm yang Anda inginkan nyaman atau tidak. Selain itu mencoba helm secara langsung juga memungkinkan Anda mengetahui tingkat kenyamanan helm tersebut, salah satunya dengan cara menggerakan helm ke kiri dan kanan saat dikenakan.

Kualitas Busa dan Bahan

Selain soal ukuran, kenyamanan Anda dalam memakai helm juga sangat ditentukan dari kualitas busa dan kain pelapisnya. Beberapa helm mungin akan terasa empuk saat pertama dikenakan. 

Namun karena kualitas busanya kurang baik maka dalam kurun pemakaian yang tidak terlalui lama akan mulai kempis dan helm akan terasa lebih longgar saat dipakai. Selain itu, apabila kain pelapis busa menggunakan bahan yang kasar juga akan membuat Anda tidak nyaman selama berkendara. 

Pilihlah helm yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan terhadap benturan, seperti serat karbon atau fiberglass. Bahan yang kuat dan ringan akan memberikan perlindungan maksimal dan kenyamanan saat digunakan.

Desain dan Estetika

Desain dan estetika helm juga dapat menjadi pertimbangan Anda. Pilih helm dengan desain yang sesuai dengan gaya Anda dan cocok dengan motor yang digunakan. Namun, jangan sampai desain mengorbankan faktor keamanan dan kenyamanan helm. 

Memilih helm motor terbaik adalah investasi yang penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara Anda. Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memilih helm motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Helm full face sendiri akan memberikan perlindungan Anda yang lebih maksimal, terlebih saat berkendara di kecepatan tinggi. Jika Anda sering berkendara jarak jauh helm full face ini sangat cocok digunakan. 

Nah, inilah beberapa tips memilih helm looks MotoGP tetapi tetap aman digunakan saat berkendaraan, Semoga membantu. Jangan ngebut dan stabil ketika berkendara ya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Prita Lyani Ayuninda pada 04 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 07 Agt 2024