Bangunan Sekolah hingga Tempat Ibadah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6,4 di Mentawai

Senin, 29 Agustus 2022 13:19 WIB

Penulis:Sutan Kampai

Editor:Redaksi

1548130718.jpg
Ilustrasi gempa bumi (Foto: istimewa)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi gempa bumi magnitudo 6,4 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 10.29 WIB, Senin 29 Agustus 2022.

Akibat gempa bumi itu, BPBD Mentawai melaporkan telah terjadi kerusakan bangunan mulai dari sekolah hingga tempat ibadah.

"Data sementara baru ada tiga unit bangunan yang rusak. Satu unit sekolah, Puskesmas dan tempat ibadah gereja,” kata Kalaska BPBD Mentawai, Novriadi.

Ia menjelaskan untuk tiga fasilitas umum yang rusak berada di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kerusakan bangunan dalam kategori ringan.

“SMPN 3 Simalegi, Puskesmas Betaet dan tempat ibadah itu rusak ringan,” katanya.

Novriadi mengungkapkan, pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap dampak kerusakan secara menyeluruh. Sementara warga sekitar, sebagian masih di lokasi evakuasi.

“Untuk yang di dekat episentrum, saat ini warga masih di lokasi evakuasi. Di daerah perbukitan, jadi belakang perkampungan ada perbukitan,” tuturnya sembari menyebutkan tidak ada korban luka dan jiwa dalan bencana gempa Mentawai. (Langgam.id)