Hasil RUPS 2023, Jenny Wiriyanto Jadi Dirut BNI

Minggu, 08 Januari 2023 20:00 WIB

Penulis:Egi Caniago

Editor:Egi Caniago

gedung-bni-kawasan-sudirman-jakarta-foto-ismail-pohan-trenasia
Gedung BNI kawasan Sudirman, Jakarta. (TrenAsia/Ismail Pohan)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) merombak jajaran direksi dan komisaris PT Bank Mayora selaku anak usaha perseroan dengan menghasilkan beberapa perubahan.

Perombakan tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan Jumat, 6 Januari 2023.

Sesuai dengan keputusan dalam RUPS tersebut, Ricky Budiono diberhentikan sebagai direktur utama, dan begitu juga dengan Dharmawan Atmadja dan Taryadi Supangkat yang masing-masing menjabat sebagai komisaris utama dan independen.

Kemudian, ditunjuklah Jenny Wiriyanto sebagai direktur utama dan Andi M Andries sebagai direktur.

Hussein Paolo Kartadjoemena pun ditunjuka sebagai komisaris utama yang menjabat sebagai SEVP Corporate Transformation BNI.

Selain itu, turut begabung juga Prihadiyanto selaku direktur yang diangkat pada RUPS sebelumnya di bulan Oktober 2022.

Untuk diketahui, Jenny Wiriyanto adalah lulusan Master’s Degree International Business dari National University yang sebelumnya menjabat sebagai direktur utama Batumbu (2020-2022) dan direktur Community Financial Services Maybank (2009-2020).

Sementara itu, Hussein Paolo Kardjoemena adalah lulusan Bachelor of Arts in Economics dari Harvard University.

Kemudian, Prihadiyanto adalah adalah lulusan sarjana Electrical Engineering dari Universitas Indonesia. Sebelumnya, ia menduduki posisi Managing Director Accenture Indonesia (1994-2022).

Lalu, Andi M Andries adalah lulusan MBA Dari University of San Fransisco dan Bachelor of Science Mechanical Engineering University of Wisconsin. Sebelumnya, Andi menjabat sebagai Chief Product and Innovation Officer Investree (2016-2022).

Sebagai informasi, BNI mengakuisisi Bank Mayora pada pertengahan tahun 2021 untuk ditransformasikan menjadi bank digital.

Beberapa persiapan transformasi pun telah dilaksanakan, seperti persiapan perubahan nama dan logo yang akan diumumkan ke publik dalam waktu dekat ini.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar memaparkan, pengangkatan manajemen baru diharapkan dapat memperkuat struktur manajemen perseroan dalam transformasi bank digital sebagai penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital, khususnya pada segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direksi baru Bank Mayora saat ini pun dikatakan Royke sebagai formasi yang ideal karena keberadaan profesional dan expertise dari berbagai latar belakang, yakni konsultan, start up, fintech, dan perbankan.

"Melalui kolaborasi manajemen baru Bank Mayora, dipercaya dapat membawa perubahan positif dengan semangat dan harapan baru dalam mewujudkan visi bank digital tersebut menjadi bank UMKM digital-first yang terunggul di Indonesia," kata Royke dikutip dari keterangan resmi, Minggu, 8 Januari 2023. (TrenAsia.com)