Semakin Canggih, Samsung Hadirkan Teknologi Terbaru SmartThings Station

Ilustrasi Samsung SmartThings Station (Samsung NewsRoom)

Samsung mengumumkan SmartThings Station di CES 2023. SmartThings Station adalah hub smart home sekaligus pad fast charging yang terjangkau dan mudah digunakan. 

Perangkat ini hadir seiring dengan berkembangnya pasar smart home, di mana pengguna perlu cara sederhana, dapat beroperasi lintas perangkat, dan dapat diandalkan untuk menghubungkan perangkat dalam jumlah lebih signifikan.

Dengan pengaturan cepat dan kompabilitas berbagai produk smart home, termasuk dengan Matter. Lewat alat ini, pengguna bisa mengotomasi berbagai aspek di lingkungan rumah mereka, mengatur rutinitas yang menambah kenyamanan sehari-hari, dan membantu mengurangi pemborosan energi. Contohnya mematikan lampu dan perangkat dengan mudah.

Executive Vice President and Head of SmartThings, Device Platform Center, Samsung Electronics Jaeyeon Jung mengatakan, saat seseorang memiliki smart home, harusnya tidak rumit atau mahal.

"Oleh karena itu, kami ingin membuat SmartThings Station sebagai hub rumah pintar yang sederhana, dapat diandalkan, dan dapat diekspansi," ia menuturkan.

Jung menambahkan, jumlah perangkat yang ada di rumah terkoneksi terus bertambah, apalagi mengingat peluncuran standar Matter baru-baru ini.

Disebutkan pula, SmartThings Station mudah dipasang. Di mana, ketika pengguna menyalakan perangkat untuk pertama kalinya, muncul pesan pop-up di smartphone Samsung Galaxy pengguna untuk memandu mereka menyelesaikan proses koneksi.

Pengguna pun bisa memilih opsi untuk mengaktifkan perangkat secara efisien dengan pemindaian kode QR dengan kamera smartphone

Cukup Tekan Satu Tombol

SmartThings Station sendiri membantu banyak perangkat, termasuk pengatur suhu, lampu, hingga stop kontak terhubung dengan perangkat lain yang terhubung ke server smart home.

Perangkat ini diklaim bisa memudahkan proses otomatisasi rutinitas yang telah ditentukan sebelumnya, tanpa mengharuskan pengguna mengontrol masing-masing perangkat secara manual.

Dengan menekan Smart Button di SmartThings Station, pengguna bisa mengaktifkan rutinitas yang dibuat di aplikasi SmartThings mereka. Misalnya saat waktu tidur, satu ketukan bisa mengaktifkan rutinitas untuk tidur. Mulai dari mematikan lampu, tutup tirai, dan menurunkan suhu.

Kemudian, saat pengguna menginginkan rutinitas gaming, satu ketukan bisa mengaktifkan pengaturan TV dan pencahayaan yang spesifik serta mengaktifkan mode Do Not Disturb. (kabarsiger.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories