Ini Cara Jitu untuk Undang Ramai Penonton di TikTok Live Shopping

Tingkatkan Penjualan dengan TikTok Live Shopping, Ini Caranya Agar Mampu Menggaet Banyak Penonton (Pexels.com/Cottonbro)

Media sosial saat ini memang sering dijadikan tools yang penting khususnya untuk memasarkan produk. Bagi Anda yang memiliki usaha atau ingin menjual produk, jangan lupa untuk memaksimalkan media sosial karena dapat sangat membantu meningkatkan penjualan.

Salah satu media sosial yang saat ini digemari untuk meningkatkan penjualan adalah TikTok. Hal ini karena TikTok memiliki fitur live shopping yang memberikan peluang creator dan pemilik brand untuk terhubung dengan audiens secara real time. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan sesi tanya jawab, berbagi tips dan trik, atau menampilkan aktivitas di balik layar.

Sayangnya, opsi live video di TikTok ini tidak tersedia untuk semua orang. Untuk membuat live streaming di TikTok, Anda harus memiliki setidaknya lebih dari 1.000 pengikut dan usia Anda harus 16 tahun atau lebih.

Selain itu, kreator yang berusia 18 tahun juga dapat menerima hadiah virtual dari orang-orang yang menontonnya secara langsung. Menariknya, hadiah virtual ini nantinya bisa ditukar dengan uang asli.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan melalui TikTok live shopping, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat TikTok Live Shopping

1. Tentukan Tujuan TikTok Live Video atau TikTok Live Shopping

Semua yang kami lakukan dalam hidup, bisnis, dan bahkan dalam sesi langsung di TikTok memiliki tujuan di baliknya.

Sebelum Anda melaksanakan TikTok live shopping, Anda perlu mengetahui tujuan Anda terlebih dahulu. Tujuan ini bisa jadi Anda mempromosikan fitur baru Anda, meningkatkan traffic ke media sosial, meningkatkan keterlibatan dengan konsumen atau target market, membangun komunitas, atau meningkatkan penjualan.

2. Pilih Topik Saat TikTok Live Video atau TikTok Live Shopping

Setelah menentukan tujuan, penting untuk memilih topik yang sesuai dengan tujuan Anda dan buat judul yang menarik untuk menarik perhatian audiens Anda.

Live streaming di TikTok seharusnya tidak menjadi pertunjukan satu kali. Jadi, pastikan Anda mencatat daftar topik agar live streaming tetap konsisten. Selain itu, Anda dapat membahas topik yang lebih luas dalam 10-15 menit dari beberapa streaming langsung selama sebulan atau seminggu dan menyebutnya sebagai serial.

3. Rencanakan Struktur Live Streaming TikTok

Sebelum Anda memulai live streaming di TikTok, ingatlah selalu untuk merencanakan bagaimana Anda akan memulai, mengakhiri, dan melakukan segala sesuatu di antaranya.

Anda bisa mencoba memulai perencanaan seperti memperkenalkan diri, mengungkapkan topik, merencanakan format live streaming seperti model Q & A, membawa pemirsa ke belakang layar, dan sebagainya. 

Selanjutnya Anda juga harus merencanakan berapa lama Anda ingin melakukan live streaming. Hal ini akan membantu Anda membuat sesi singkat dan tepat sasaran. Meskipun live streaming di TikTok memiliki batas selama 60 menit , sebaiknya Anda menjaga durasinya hingga 30 menit .

4. Pilih Slot Waktu Terbaik

Tidak ada gunanya melakukan live streaming di TikTok pada saat tidak ada penonton yang sedang berada di platform tersebut. Anda perlu merencanakan setiap live streaming TikTok pada waktu terbaik pribadi Anda untuk memposting di TikTok. Memposting pada waktu terbaik memastikan live streaming langsung dilihat oleh sebanyak mungkin orang.

5. Promosikan Live Streaming Anda Sebelumnya

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengarahkan traffic maksimum ke live streaming TikTok Anda adalah dengan mengumumkannya terlebih dahulu melalui postingan video TikTok.

Trik ini akan membayar dengan baik karena ketika pengguna melihat video yang Anda posting saat Anda sedang live streaming, mereka dapat langsung masuk ke channel Anda melalui ikon unik yang muncul di posting Anda.

Itu tadi beberapa cara memaksimalkan dan meningkatkan penjualan dengan live shopping di TikTok. Selamat mencoba. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories