10 Negara Terbersih di Dunia, Cocok Dijadikan Tujuan Wisata!

Luxembourg (worldwildschooling)

JAKARTA - Isu kebersihan dan lingkungan yang berkelanjutan saat ini tampaknya semakin menjadi fokus utama bagi masyarakat global. Setiap negara bahkan menetapkan kebijakan tersendiri untuk menjaga kelestarian lingkungannya.

Untuk mengukur tingkat efektivitas kebijakan lingkungan di setiap negara, tim peneliti dari Yale University, Columbia University, dan World Economic Forum membuat sebuah metode pengukuran yang dikenal sebagai Environmental Performance Index (EPI).

Ada sepuluh kategori yang menjadi indikator, termasuk kualitas udara, kualitas air, keadaan hutan, dan biodiversity. Semakin tinggi skor EPI yang diperoleh, semakin bersih dan ramah lingkungan negara tersebut.

Sementara itu, Denmark memperoleh predikat sebagai negara dengan tingkat kebersihan tertinggi di dunia pada tahun 2024, dengan skor EPI sebesar 77,9. Keunggulan Denmark terletak pada sistem pengelolaan air limbah yang efisien dan kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca yang efektif.

Oh ya, selain Denmark masih ada beberapa negara lainnya. Kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan. Air bersih, udara segar, pengelolaan limbah yang efisien, dan sanitasi yang baik semuanya dapat mengurangi risiko penyakit.

Pengukuran dilakukan setiap dua tahun sekali. Berdasarkan laporan EPI tahun 2022, berikut adalah sepuluh negara paling bersih di dunia.

10 Negara Paling Bersih di Dunia

Berikut adalah negara-negara paling bersih di dunia.

1. Denmark

Denmark (independent.co.uk)

Dalam dua periode pengukuran berturut-turut, Denmark berhasil mempertahankan posisi pertamanya sebagai negara paling bersih di dunia.

Skor EPI Denmark sebesar 77,9, dengan nilai tertinggi terutama berasal dari tingkat bebas polusi logam berat, bebas hujan asam, dan sistem manajemen air yang baik.

2. Inggris

Inggris (pikist)

Di posisi kedua, skor EPI negara tersebut hanya beda tipis dari Denmark, yakni 77,7. Kontribusi terbesar berasal dari manajemen sanitasi dan air minum, serta biodiversity.

3. Finlandia

Finlandia (finlandportrait)

Tak hanya menjadi negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga menempati peringkat ketiga sebagai negara paling bersih.

Dengan skor EPI sebesar 76,5, kontribusi poin paling tinggi berasal dari kategori manajemen sanitasi dan air minum, serta tingkat kebebasan dari polusi logam berat.

4. Malta 

Malta (travel-tramp)

Negara kepulauan di wilayah Mediterania ini berhasil meraih peringkat keempat sebagai negara paling bersih di dunia. Malta memiliki skor tinggi dalam berbagai aspek penilaian, termasuk ekosistem, mitigasi perubahan iklim, mitigasi hujan asam, dan manajemen sanitasi dan air minum.

5. Swedia

Swedia (traveloka)

Sebagai negara paling bersih kelima di dunia, Swedia terkenal dengan kualitas udara yang bersih dan sistem manajemen air yang bagus.

6. Luxembourg

 (worldwildschooling)

Dengan luas wilayah 2586 km2, Luxembourg merupakan salah satu negara terkecil di Eropa. Namun, jangan menganggap enteng, karena negara dengan pemerintahan monarki konstitusional ini adalah salah satu yang terbersih di dunia meskipun kecil.

Duduk di peringkat keenam, Luxembourg meraih poin tinggi dalam aspek kualitas udara, manajemen sanitasi dan air minum, serta biodiversity.

7. Slovenia

Slovenia (nathab)

Slovenia telah terkenal karena kekayaan keanekaragaman hayatinya yang melimpah. Tak mengherankan jika negara ini memperoleh nilai tinggi dalam kategori tersebut dalam perhitungan EPI.

Selain itu, Slovenia juga diakui karena manajemen air dan pertaniannya yang baik.

8. Austria

Austria (britannica)

Selain sebagai salah satu destinasi liburan musim dingin paling populer, Austria juga menduduki peringkat kedelapan sebagai salah satu negara paling bersih di dunia.

Kualitas udara yang bersih, manajemen sanitasi dan air minum yang baik, serta sektor pertanian yang terkelola dengan baik adalah faktor-faktor yang membantu Austria masuk dalam daftar 10 besar tersebut.

9. Swiss

Swiss (salsawisata)

Swiss telah lama dikenal akan kecantikan alamnya yang masih asri. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa negara ini termasuk salah satu yang terbersih di dunia.

Dengan skor EPI 65,9, Swiss mencatat poin tinggi terutama dalam manajemen sanitasi dan air minum, kualitas udara yang bersih, dan bebas polusi logam.

10. Islandia

Islandia (britannica)

Terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan aurora borealis, Islandia menempati peringkat kesepuluh sebagai salah satu negara paling bersih di dunia.

Kualitas udara bersih, manajemen sampah, dan manajemen sanitasi dan air minum menjadi tiga faktor utama yang berkontribusi pada peringkat tersebut.

Dari daftar negara-negara 10 terbersih di dunia, mana yang ingin Anda kunjungi untuk liburan?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 27 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 27 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories