10 Rumah Termahal di Dunia, Ada Hunian Milik Mukesh Ambani

10 Rumah Termahal di Dunia, Ada Milik Mukesh Ambani! (www.rct.uk)

JAKARTA – Menurut WHO, rumah adalah suatu struktur fisik atau bangunan yang dapat digunakan sebagai tempat perlindungan. Rumah juga harus memiliki lingkungan tersebut mendukung kesehatan fisik dan mental serta kondisi sosial yang baik untuk kesejahteraan keluarga dan individu.

Kebijakan dan strategi nasional terkait perumahan dan permukiman menyatakan rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, selain pangan, sandang, pendidikan, dan kesehatan.

Selain berfungsi melindungi dari cuaca dan gangguan makhluk lainnya, rumah memiliki peran sosial dan budaya, seperti sebagai pusat pendidikan keluarga, pelestarian budaya dan nilai-nilai kehidupan, pembentukan generasi muda, dan sebagai manifestasi jati diri.

Sementara, beberapa rumah di dunia memiliki harga yang sangat tinggi karena desain arsitektur, lokasi, fasilitas, dan sejarahnya.

Berikut ini rumah-rumah termahal di dunia, yang harganya mencapai angka yang sangat mencengangkan. Dari kediaman kerajaan bersejarah hingga keajaiban arsitektur modern, rumah-rumah ini memberikan gambaran tentang gaya hidup orang-orang terkaya di dunia.

Rumah Termahal di Dunia

Dilansir dari Forbes India, berikut beberapa rumah termahal di dunia:

1. Buckingham Palace

Buckingham Palace adalah rumah termahal di dunia. (Henry Nicholls/AFP)

Buckingham Palace adalah rumah termahal di dunia dengan nilai yang mencapai US$4,9 miliar atau sekitar lebih dari Rp800 triliun. Sebagai kediaman resmi dan markas administrasi raja Inggris, istana ini telah menjadi simbol monarki Inggris dan prestise selama berabad-abad.

Awalnya dibangun pada tahun 1703, istana ini mengalami beberapa renovasi dan perluasan sepanjang tahun-tahun, mencapai kemegahan neoklasik yang ada saat ini. Istana ini dilengkapi dengan taman-taman yang dirancang indah dan balkon terkenal di mana keluarga kerajaan melakukan penampilan publik pada kesempatan-kesempatan khusus.

Buckingham Palace memiliki 240 kamar tidur, termasuk 52 kamar tidur untuk keluarga kerajaan dan tamu, 188 kamar untuk staf, 92 ruang kantor, 78 kamar mandi, 19 kabin, serta fasilitas seperti kolam renang dan ruang operasi dokter. Dengan luas sekitar 77.000 meter persegi, istana ini dianggap sebagai salah satu rumah terbesar di dunia.

Istana ini memiliki ruang-ruang negara yang megah, koleksi seni yang mengesankan, dan ruang upacara yang mewah. Istana ini juga merupakan destinasi wisata populer di mana pengunjung dapat menyaksikan upacara Changing of the Guard dan menjelajahi sejarah serta warisan monarki Inggris.

2. Antilia

Antilia memiliki luas bangunan sekitar 37.200 meter persegi dengan 27 lantai di Mumbai, India, dianggap sebagai salah satu properti termahal di dunia. Dimiliki oleh Mukesh Ambani, salah satu orang terkaya di India.

Bangunan modern ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, termasuk tiga helipad, garasi untuk 168 mobil, beberapa kolam renang, bioskop pribadi, kuil besar, kamar suite tamu mewah, spa kesehatan, ruang dansa, studio yoga, dan ruangan bersalju. Empat lantai teratas didedikasikan untuk taman gantung yang hemat energi.

Gedung ini mencakup area lebih dari 400.000 kaki persegi dan memiliki tinggi 568 kaki. Desainnya yang unik menggabungkan motif teratai dan matahari dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi seperti kristal, marmer, dan mutiara.

Antilia telah menjadi bahan perdebatan publik karena kontras mencoloknya dengan kemiskinan di sekitar area tersebut. Rumah dengan nilai harga US$2 miliar ini juga dibangun untuk mampu menahan gempa berkekuatan 8 skala Richter.

3. Villa Leopolda

Villa Leopolda. (Eric Estrade/AFP)

Villa Leopolda adalah rumah termahal di Eropa dengan estimasi nilai mencapai US$750 juta atau sekitar Rp12 triliun. Terletak di French Riviera, di antara Monaco dan Nice, yang merupakan dua kawasan paling bergengsi di dunia.

Vila ini awalnya milik Raja Leopold II dari Belgia, dan setelah beberapa pergantian pemilik, akhirnya dimiliki oleh bankir Lebanon-Brazil Edward Safra, kemudian diwariskan kepada istrinya Lily Safra dan keturunannya.

Vila ini dikenal karena karya seni seperti museum, interior mewah yang dirancang oleh Renzo Mongiardino dan Mica Ertegün, serta area seluas 50 hektar yang menawarkan pemandangan Mediterania yang menakjubkan.

Dirancang dengan 11 kamar tidur, 14 kamar mandi, rumah kaca komersial, helipad, dapur luar ruangan, dan kolam renang yang indah dengan pemandangan perairan biru yang luas. Villa Leopolda juga digunakan sebagai lokasi utama dalam film To Catch A Thief yang disutradarai oleh Alfred Hitchcock pada tahun 1995.

4. Villa Les Cedres

Villa Les Cèdres terletak di French Riviera, ini adalah sebuah estate bersejarah dan mewah. Dibangun pada tahun 1830, vila ini dibeli pada tahun 1904 oleh Raja Leopold II dari Belgia, yang terkenal dengan kekayaannya yang diperoleh dari Kongo. Ia merenovasi vila ini dan menamainya “Les Cèdres.”

Vila seluas 18.000 kaki persegi ini memiliki 14 kamar tidur, perpustakaan megah dengan buku-buku langka, kolam renang ukuran olimpiade, taman seluar 150 ribu meter persegi, ruang dansa, kandang kuda, 20 rumah kaca, dan sebuah ballroom hingga kolam teratai buatan dengan pemandangan Laut Mediterania yang menakjubkan. 

Pada tahun 2016, vila ini diakuisisi oleh Campari Group Italia dan kemudian dijual kepada miliarder dan pengusaha Ukraina, Rinat Akhmetov, pada tahun 2019. Bergaya klasik Eropa kuno dan sangat mewah, vila ini bernilai sekitar US$450 juta atau sekitar Rp7 triliun.

5. Les Palais Bulles

Les Palais Bulles, atau yang dikenal sebagai Bubble Palace, adalah salah satu rumah termahal di dunia. Terletak di Théoule-sur-Mer, dekat Cannes, Prancis, istana ini dirancang oleh arsitek Hongaria Antti Lovag dan selesai dibangun pada tahun 1989.

Rumah mewah dengan perkiraan nilai US$420 juta atau sekitar Rp6 triliun awalnya dibangun untuk industrialis Prancis Pierre Bernard, istana ini kemudian dibeli oleh desainer mode terkenal Pierre Cardin sebagai rumah liburan.

Tempat tinggal ini memiliki desain futuristik yang menyerupai gelembung, dengan ruangan-ruangan yang saling terhubung, teras, dan pemandangan laut.

Dengan luas 1.200 meter persegi, tempat ini mencakup aula resepsi, lounge panorama, amfiteater terbuka dengan 500 kursi, 10 kamar tidur, serta beberapa kolam renang dan air terjun. Setiap ruangan, termasuk 11 kamar mandi dan 10 kamar tidur, dihias secara individual oleh berbagai seniman, menambah sifat unik dan artistik properti ini.

Palais Bulles menampilkan pemandangan lereng bukit dengan pemandangan menghadap laut Mediterania yang luas dan menakjubkan.

6. The Odeon Tower Penthouse

Terletak di Monaco, Odeon Tower Penthouse adalah apartemen mewah yang menawarkan pemandangan menakjubkan dari Mediterania dan kota sekitarnya. Juga dikenal sebagai Tour Odéon, bangunan ini dibangun antara tahun 2009 dan 2015.

Penthouse ini mencakup area seluas 3.500 meter persegi yang tersebar di lima lantai, dengan tinggi 170 meter. Fasilitasnya termasuk elevator pribadi, amfiteater terbuka dengan 500 kursi, serta berbagai kemewahan lainnya, seperti kolam renang di atap, lantai dansa, kamar mandi mewah, layanan pramutamu, parkir valet, layanan antar-jemput, spa, dan bioskop pribadi.

Odeon Tower Penthouse terletak di gedung pencakar langit setinggi 560 kaki yang menghadap perairan biru Laut Mediterania. Apartemen ini dilengkapi dengan kolam renang tanpa batas yang menawarkan pemandangan 360 derajat, lengkap dengan seluncuran, serta kolam pribadi bagi mereka yang ingin berenang tanpa garam.

Namun, bangunan ini telah mendapatkan kritik terkait dampaknya pada lanskap kota, termasuk masalah bayangan yang ditimbulkan dan nilai properti di kota tetangga Perancis, Beausoleil.

7. Four Fairfield Pond

Four Fairfield Pond terletak di Hamptons, Long Island, New York, adalah salah satu rumah termahal di dunia. Dibangun pada tahun 2003, estate mewah ini mencakup sekitar 110.000 kaki persegi, dengan rumah utama saja mencakup sekitar 64.000 kaki persegi. Rumah ini memiliki 29 kamar tidur dan 39 kamar mandi.

Properti mewah dan sangat mahal di New York ini dimiliki oleh Ira Rennert, ketua dan CEO Renco Group, sebuah perusahaan investasi yang berfokus pada sektor manufaktur dan peleburan logam. Four Fairfield Pond memiliki nilai sekitar US$250 juta atau sekitar Rp4 triliun.

Rumah yang memiliki luas hampir 5.800 meter persegi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, termasuk teater dengan 164 kursi dan panggung besar, ruang makan sepanjang 27 meter, pembangkit listrik pribadi, tangki air super besar dengan kapasitas 19.000 liter, arena bowling, lapangan basket, dua lapangan tenis, tiga kolam renang, dan area parkir yang dapat menampung 100 mobil.

Four Fairfield Pond juga dilengkapi dengan 12 cerobong asap, helipad, helikopter, serta koleksi seni yang sangat besar.

8. 18-19 Kensington Gardens

18-19 Kensington Gardens adalah alamat bergengsi yang terletak di Kensington, London. Jalan eksklusif ini, yang dikenal sebagai “Billionaires Row,” terkenal karena menjadi tempat tinggal beberapa properti termahal di dunia. Jalan ini telah menjadi rumah bagi berbagai misi diplomatik serta penduduk pribadi yang sangat kaya.

Bangunan di jalan ini merupakan campuran dari gaya Italia dan Queen Anne. Jalan ini awalnya dibangun pada tahun 1840-an di sebagian lahan dari Kensington Palace.

9. Beyonce & Jay-Z Malibu Mansion

Beyoncé dan Jay-Z, dua nama besar di industri musik, tidak asing dengan kemewahan. Mansion mereka di Malibu adalah salah satu rumah termahal di dunia. Mansion ini menggabungkan desain kontemporer dengan elemen alami. Jendela dari lantai hingga langit-langit dan ruang terbuka memungkinkan cahaya alami masuk dan memberikan pemandangan Samudra Pasifik.

Desain mansion ini mengedepankan kesadaran lingkungan, dengan menggunakan bahan berkelanjutan dan teknologi hemat energi. Palet warna netral dan garis-garis bersih mendominasi estetika bangunan. Mansion ini juga dilengkapi dengan dapur canggih yang disertai peralatan kuliner terbaru.

10. Ellison Estate

Dimiliki oleh Larry Ellison, salah satu pendiri Oracle Corporation, Ellison Estate terletak di Woodside, California. Estate yang luas ini terkenal dengan desain bertema Jepang yang mengesankan. Estate ini mencakup berbagai bangunan, taman, dan fasilitas mewah lainnya.

Elemen desain yang terinspirasi oleh Jepang menciptakan lingkungan yang tenang dan estetis. Properti ini meliputi beberapa kediaman, sebuah danau buatan, dan taman bergaya Jepang yang luas.

Nah, itu dia 10 rumah termahal di dunia dengan harga yang fantastis. Meski begitu, dengan harga yang begitu mahal, rumah tersebut memiliki fasilitas yang menajubkan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 03 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 05 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories