11 Cara Mudah dan Praktis Mengatur Keuangan Rumah Tangga

11 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga (freepik.com)

JAKARTA - Menurut A.C. Pigou dalam bukunya, The Veil of Money (1949), uang adalah apa yang umumnya digunakan sebagai alat tukar. Meskipun ada yang mengatakan, “Uang Bukanlah Segalanya,” pada kenyataannya, tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas sehari-hari kita juga membutuhkan uang. Oleh karena itu, setiap orang berusaha keras untuk menghasilkan uang.

Dilansir dari Kemenkeu, manajemen keuangan tidak dapat dipisahkan dari manajemen gaya hidup. Mengatur keuangan rumah tangga sebaiknya juga dilakukan sebagai rutinitas tahunan agar setiap individu dapat mencapai target yang ditetapkan. Setiap orang tentu ingin melihat perbaikan dalam keadaan keuangan mereka dari tahun ke tahun.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik? Yuk, simak artikel berikut!

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Berikut beberapa cara mengatur keuangan eumah tangga, antara lain:

1. Alokasikan Pendapatan

Dalam mengelola keuangan rumah tangga, penting untuk mendiskusikan alokasi pendapatan dengan pasangan. Sepakatilah persentase tertentu dari pendapatan yang akan dialokasikan untuk berbagai kebutuhan. Hitung seluruh pendapatan, baik dari pekerjaan utama maupun penghasilan tambahan. Kemudian, alokasikan pendapatan sesuai dengan pembagian persentase secara proporsional.

2. Catat Pengeluaran Secara Rutin

Catat pengeluaran secara rutin minimal setiap bulan. Setiap pengeluaran dapat dicatat dalam daftar yang terstruktur. Gunakan buku catatan atau aplikasi untuk memudahkan pencatatan. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti biaya pendidikan anak, pembayaran listrik, belanja bulanan, dan pembelian BBM.

3. Menabung

Dari alokasi gaji yang telah dibuat, sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Pastikan untuk memisahkan rekening tabungan dari rekening reguler agar uang tabungan tidak digunakan untuk belanja. Tabungan yang terkumpul seiring waktu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak di masa depan.

4. Investasi

Alokasikan sebagian pendapatan untuk investasi agar bisa memperoleh keuntungan tanpa harus bekerja aktif. Pilih instrumen investasi dengan nilai yang stabil untuk mengurangi risiko kerugian besar. Bagi investor pemula, emas bisa menjadi pilihan yang baik. Investasi emas dianggap aman karena nilainya cenderung stabil meskipun terjadi ketidakpastian ekonomi, seperti inflasi, resesi, atau konflik politik.

5. Buat Skala Prioritas

Saat mencatat pengeluaran, pastikan untuk mengurutkannya berdasarkan skala prioritas. Pisahkan pengeluaran berdasarkan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Utamakan alokasi pendapatan untuk kebutuhan paling penting terlebih dahulu, seperti makanan, minuman, sewa, tagihan listrik, dan air.

Setelah semua kebutuhan utama terpenuhi, barulah alokasikan untuk hal-hal lain yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Berbagai kebutuhan rumah tangga dapat dipenuhi dengan anggaran yang cukup jika kita mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Untuk mengatur keuangan keluarga dengan efektif, fokuslah pada pengurangan belanja yang tidak esensial.

Sesuaikan pengeluaran dengan skala prioritas yang telah dibuat, utamakan kebutuhan pokok. Keinginan lain yang kurang mendesak bisa ditunda untuk waktu yang akan datang.

7. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Keuangan yang baik dimulai dengan memahami prioritas kebutuhan dan kemampuan untuk membedakannya dari keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang tidak bisa ditunda pemenuhannya, sementara keinginan adalah hal tambahan yang dapat ditunda.

Sebagai contoh, membayar biaya pendidikan anak adalah kewajiban yang harus dipenuhi, sedangkan membeli gitar baru adalah keinginan atau hobi yang tidak mendesak.

8. Manfaatkan Promo untuk Belanja

Menggunakan promo saat berbelanja adalah cara efektif untuk mengatur keuangan rumah tangga agar lebih hemat. Promo sering kali menawarkan harga barang yang lebih murah dibandingkan harga normal. Dengan memanfaatkan potongan harga tersebut, kamu dapat menghemat sejumlah uang.

9. Sebisa Mungkin Hindari Pinjaman

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, gambaran awal mengenai kecukupan finansial dalam kehidupan berumah tangga bisa lebih jelas. Jika terdapat kekurangan, lakukan penataan ulang manajemen keuangan rumah tangga terlebih dahulu sebelum mencari sumber anggaran dari luar.

Mencari dana untuk menutupi kekurangan finansial harus dilakukan dengan hati-hati, karena mengambil utang, kredit, atau menggunakan kartu kredit tanpa pertimbangan yang matang bisa berdampak buruk bagi kondisi keluarga.

Dalam situasi darurat, meminjam uang bisa membuat masalah ekonomi keluarga semakin kompleks. Jika terpaksa harus berutang, pertimbangkan dengan cermat jenis pinjaman yang paling sesuai dan memungkinkan.

10. Kelola Utang dengan Baik

Jika keluarga memerlukan dana tambahan dan memutuskan untuk berutang, penting untuk mengelola utang dengan baik. Biasanya, utang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti membeli rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Untuk menjaga agar BI Checking tetap bersih, usahakan melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo. Alokasikan sebagian pendapatan untuk membayar utang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

11. Siapkan Dana Darurat

Salah satu aspek penting dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah merencanakan untuk situasi tak terduga di masa depan. Ini berarti mempersiapkan dana darurat yang dapat diakses kapan saja. Dana darurat sangat berharga ketika keluarga menghadapi musibah atau situasi tak terduga akibat krisis ekonomi.

Dana darurat tidak hanya digunakan untuk mengatasi situasi tak terduga, tetapi juga untuk menyisihkan sejumlah uang. Contohnya, dana ini bisa membantu menangani kondisi seperti kerusakan mobil atau terkena PHK.

Demikian beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga, semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 11 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories