111 Tahun PT Semen Padang Mengabdi untuk Negeri

Semen Padang

Pada 18 Maret 2021, PT Semen Padang genap berusia 111 tahun. Peringatan HUT tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun penuh makna. Disebut penuh makna karena diperingati dalam suasana keprihatinan akibat wabah COVID19 yang berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa.

Dalam kondisi itu, perusahaan yang berdiri sejak 18 Maret 1910 masih terus bertumbuh (growth) dan menunjukkan dharma baktinya kepada bangsa dan negara.

Sejarah mencatat bahwa di sinilah awal mulanya pabrik semen di Indonesia dan Asia Tenggara berdiri. Sebuah perjalanan panjang yang sarat dengan nilai sejarah dan penuh makna.

PT Semen Padang secara resmi dibangun pada 1910, pertama beroperasi tahun 1913, dengan kapasistas produksi 22.900 ton/tahun. Perusahaan berkembang dengan pesat.

Jumlah pabrik aktif saat ini 5 plant. Beroperasi dengan kapasitas 8,9 juta ton/tahun. Upgrade teknologi terus menerus dilakukan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Di antaranya sistem informasi pabrik yang terintegrasi, labor kualitas yang canggih dengan sistem robotik, raw mill terbesar di dunia, digitalisasi monitoring peralatan pabrik dan lain sebagainya. Hal ini sejalan dengan visi misi kita untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

PT Semen Padang sangat menyadari, bahwa inovasi adalah daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan di industri semen
yang sangat sengit. (webtorial)


Related Stories