15 Lagu Teratas untuk Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja

15 Lagu Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Menurut Data Spotify (Freepik.com)

JAKARTA - Musik tidak hanya menyenangkan untuk didengarkan, tapi juga diyakini mampu meningkatkan produktivitas. Lalu, apa lagu yang sebaiknya Anda putar untuk mencapai produktivitas maksimal? 

Berbagai studi menunjukkan bahwa jenis musik yang berbeda, atau bahkan tanpa musik sama sekali, dapat membantu kita masuk ke zona mental yang tepat untuk berbagai jenis pekerjaan. Dikutip dari Inc, untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus dan ketegangan mental, mendengarkan musik instrumental seperti klasik, tanpa lirik, disarankan menurut penelitian.

Meskipun musik lo-fi sering dianggap membosankan oleh kritikus, popularitasnya secara online dan saran dari profesor musik menunjukkan bahwa kualitasnya dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan yang membosankan atau membuat stres.

Jika Anda ingin meningkatkan kreativitas, psikolog menyarankan lagu dengan tempo antara 50-80 ketukan per menit untuk membantu menciptakan "keadaan alpha" dalam otak. Keadaan ini dapat mendukung aliran ide kreativitas Anda.

Sementara itu, peneliti di Kellogg School of Management di Northwestern bahkan menyusun daftar putar khusus yang mereka klaim dapat meningkatkan rasa berdaya untuk memompa semangat sebelum pertemuan atau negosiasi penting.

Analisis lain oleh musikolog menunjukkan bahwa lagu-lagu yang mungkin membuat kita lebih bahagia memiliki tempo sedikit lebih cepat dari rata-rata (antara 140 dan 150 ketukan per menit), ditulis dalam kunci mayor, dan memiliki lirik yang membahas peristiwa bahagia atau bahkan yang tidak masuk akal.

Dari penelitian-penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa musik memang berpengaruh pada produktivitas, tetapi lagu yang paling cocok tetap tergantung pada apa yang Anda maksud dengan "produktivitas" dan preferensi pribadi Anda.

Baru-baru ini situs web mahasiswa EduBirdie melakukan penelitian tentang playlist produktivitas paling populer di Spotify untuk melihat lagu mana yang muncul paling sering. 

Langkah ini sekaligus sebagai upaya membantu pembaca muda mereka menemukan lagu apa yang cocok untuk didengarkan saat belajar. 

Perusahaan tersebut juga meneliti 50 playlist produktivitas paling populer di Spotify untuk melihat lagu mana yang muncul paling sering. Berikut adalah hasilnya, 15 lagu teratas untuk produktivitas:

- Dua Lipa - "Levitating"

- Bruno Mars - "Just the Way You Are"

- The Neighborhood - "Sweater Weather"

- Olivia Rodrigo - "Vampire"

- Ryan Gosling - "I'm Just Ken"

- One Republic - "I Ain't Worried"

- Katy Perry - "Last Friday Night (T.G.I.F)"

- Charlie Puth - "Lightswitch"

- Taylor Swift - "New Romantics"

- One Direction - "Night Changes"

- Ed Sheeran - "Perfect"

- Black Eyed Peas - "Pump It"

- Lana Del Rey - "Say Yes to Heaven"

- Adele - "Set Fire to the Rain"

- Charlie XCX - "Speed Drive"

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 05 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories