224.000 Dosis Vaksin AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air

224.000 Dosis Vaksin AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air, vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (19/10/2021) pukul 16.55 WIB. (Amiri Yandi/nfoPublik))

Indonesia menerima kedatangan pasokan vaksin COVID-19 merek AstraZeneca sebanyak 224.000 dosis dalam bentuk vaksin jadi yang siap pakai.

Vaksin yang tiba pada tahap ke-92 ini merupakan donasi dari Pemerintah Jepang, yang juga melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pada kedatangan vaksin tahap ke-92 ini, vaksin AstraZeneca tersebut diangkut menggunakan maskapai Japan Airlines dengan nomor penerbangan JAL725.

Dilansir dari laman InfoPublik.id, vaksin ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (19/10/2021) pukul 16.55 WIB.

Kedatangan vaksin ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah menempuh cara diplomasi untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi dalam negeri. Pemerintah akan terus bekerja keras menyelesaikan vaksinasi dalam waktu yang cepat. Ketersediaan vaksin menjadi kunci kecepatan program ini.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan vaksinasi perlu terus dipercepat dan diperluas untuk menciptakan herd immunity dan pengendalian pandemi.

"Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mendistribusikannya ke daerah-daerah untuk segera digunakan. Kami mengharapkan para pemangku kebijakan dan pihak-pihak pelaksana di daerah dapat menyusun strategi penyaluran dengan sebaik-baiknya sesuai karakter dan kebutuhan daerah masing-masing, karena seperti kita ketahui setiap daerah membutuhkan penanganan yang unik dan berbeda,” tutur Nadia.

Pemerintah juga mengimbau, meski jumlah penularan telah menurun, disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) perlu tetap dipatuhi.

(Infopublik)

Editor: Sutan Marajo

Related Stories