3 Cara Mendeteksi Spyware yang Menyusup ke Dalam iPhone Anda

Cara Mendeteksi Adanya Spyware di iPhone Anda (Apple)

JAKARTA - Peretas dapat memasang spyware atau penguntit ponsel di ponsel apapun di dunia. Hal yang mereka butuhkan hanyalah koneksi internet dan suatu cara licik seperti menyusupkan spyware untuk membuat korban berinteraksi dengan kode mereka.

Perlu diketahui bahwa stalkerware dan spyware sendiri bukanlah virus. Semuanya adalah malware atau software berbahaya, tapi perbedaannya adalah virus dapat bereplikasi sedangkan spyware tidak.

Namun, terlepas dari rumor yang beredar, iPhone bisa terkena virus, jadi Anda juga harus menginstal software antivirus di perangkat.

Spyware bisa masuk ke iPhone ketika Anda secara tidak sengaja mengklik tautan buruk atau palsu. Spyware biasanya dipasang melalui tautan phishing yang dikirim melalui SMS.

Mengklik tautan tersebut akan membawa Anda ke situs ‘drive-by-download’ yang secara diam-diam memasang spyware di ponsel Anda. Di lain waktu, aplikasi yang mengandung spyware berhasil masuk ke Apple Store.

Terkadang, peretas bisa jadi adalah seseorang yang Anda kenal dan bahkan Anda cintai. Bisa jadi, orang tua, mitra, dan bahkan pemberi kerja menggunakan stalkerware untuk melacak lokasi seseorang dan kebiasaan menjelajah internet, karena yang mereka butuhkan hanyalah akses ke ponsel Anda.

Cara Mengetahui Jika Seseorang Menggunakan Spyware di Ponsel Anda

1. Anda Melakukan Jailbreak pada Ponsel

Jailbreak berarti Anda dengan sengaja menghapus batasan perangkat lunak dari pabrik pada perangkat iOS mereka sendiri. Hal itu memang akan memudahkan pengguna mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Namun, kehadiran aplikasi bernama Cydia merupakan sebuah tanda bahaya.

Hal ini hanya akan berlaku pada ponsel yang sudah di-jailbreak, sehingga pengguna dapat menginstal paket perangkat lunak yang mungkin dapat digagalkan oleh toko aplikasi terpercaya.

2. Anda Melihat SMS Aneh

Hal ini pertanda buruk jika Anda melihat pesan teks aneh yang Anda tidak ingat pernah mengirimkannya. 

3. Penggunaan Data Melonjak

Semua aplikasi spyware bekerja dengan mengirimkan data dari perangkat Anda kembali ke peretas melalui internet. Hal ini berarti Anda mungkin akan melihat peningkatan penggunaan data jika ada spyware di ponsel Anda.

Itu tadi cara mendeteksi adanya spyware di iPhone Anda. 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Tags malwareponseliphoneBagikan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories