4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen pada iPhone

Cara Mengatasi Masalah Black Screen pada iPhone (Freepik)

JAKARTA - Masalah black screen pada iPhone adalah masalah umum yang ditandai dengan hilangnya tampilan layar sepenuhnya. Masalah ini tentu berbeda dengan saat iPhone Anda tidak mau menyala karena Anda dapat mengetahui dari getaran dan suara yang berasal dari perangkat Anda yang menandakan bahwa iPhone masih menyala.

Penyebab paling umum black screen pada iPhone adalah kerusakan fisik pada layar. Namun, dalam beberapa kasus, masalah ini juga dapat terjadi saat aplikasi tidak berfungsi, gangguan sistem, atau gagal memperbarui iOS.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencoba langkah-langkah perbaikan berikut ini sebelum mencari bantuan profesional.

Cara Memperbaiki Black Screen atau Layar Hitam di iPhone

1. Force Restart pada iPhone

Hal pertama yang disarankan ketika Anda mengalami masalah ini adalah dengan melakukan force restart iPhone Anda. Hal ini berbeda dengan restart biasa, dan perlakuan ini berguna ketika Anda tidak dapat mematikan iPhone secara normal.

2. Pulihkan iPhone dengan iTunes atau Finder 

Jika iPhone Anda tidak dapat di-restart bahkan setelah Anda mencobanya, mungkin Anda perlu mengembalikannya ke setelan pabrik. Anda dapat melakukannya dengan bantuan iTunes di PC atau Finder di Mac.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa memulihkan iphone dengan iTunes atau Finder akan menghapus semua data di dalamnya dan membawa ponsel ke factory settings atau setelan pabrik. Oleh karena itu, pastikan sebelum Anda melakukan tips ini, Anda sudah mencadangkan data dari ponsel Anda.

3. Gunakan Recovery Mode untuk Factory Reset iPhone

Recovery Mode adalah sistem pemulihan bawaan dari Apple yang memungkinkan Anda untuk mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik dan menginstal ulang versi iOS terbaru saat iPhone tidak responsif.

4. Bawa iPhone ke Apple

Jika semuanya gagal, black screen pada iPhone kemungkinan besar disebabkan oleh kerusakan fisik pada komponen layar. Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan layanan untuk ponsel Anda.

Anda bisa menghubungi Apple Support atau membawa perangkat ke Apple Store terdekat atau penyedia layanan resmi Apple.

Itu tadi beberapa cara memulihkan ponsel iPhone Anda dari masalah black screen atau layar hitam.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories