5 Alasan WhatsApp Bisa Menghentikan Akun Anda

Alasan WhatsApp Menangguhkan Akun Anda, Waspada! (Istimewa)

JAKARTA - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan atau chat yang kini digunakan oleh banyak orang. Selain itu, aplikasi tersebut juga dipercaya pengguna untuk berkomunikasi kepada orang lain.

Namun, untuk menjaga kepercayaan tersebut, WhatsApp memiliki persyaratan layanan khusus yang harus dipatuhi pengguna.

Meski penangguhan akun memang bukan kejadian yang umum, pelanggaran terhadap peraturan dari WhatsApp dapat menyebabkan Anda secara permanen tidak bisa mengakses WhatsApp.

Penyebab Akun WhatsApp Anda Ditangguhkan

Inilah beberapa alasan mengapa WhatsApp mungkin menangguhkan akun Anda.

Akun Tidak Aktif

Akun yang tidak aktif dalam jangka waktu lama dapat memicu penghapusan akun. Jika Anda tidak login selama empat bulan, WhatsApp akan menganggap akun tersebut tidak lagi digunakan dan akan menghapus akun Anda.

Aplikasi Tidak Sah

WhatsApp melarang keras penggunaan aplikasi pihak ketiga yang dapat mengubah fungsi inti WhatsApp seperti WhatsApp Plus atau GBWhatsApp. 

Meski aplikasi tersebut mungkin menawarkan fitur yang menggiurkan, penggunanya dapat ditangguhkan akunnya. WhatsApp secara aktif memantau aplikasi tidak sah tersebut dan deteksi yang dilakukannya dapat berdampak pada penangguhan akun secara sementara atau permanen tergantung pada tingkat keparahan pelanggarannya.

Menggunakan Alat untuk Memata-matai

Aplikasi yang dirancang dengan klaim untuk mengunduh status WhatsApp atau melacak aktivitas seorang pengguna termasuk dalam kategori alat yang memata-matai.

Alat-alat tersebut dinilai melanggar privasi pengguna dan dianggap tidak etis. 

Melakukan Aktivitas Mencurigakan

Tindakan berulang yang mengganggu aliran komunikasi normal di WhatsApp dapat ditandai untuk ditinjau. 

Contohnya adalah bulk messaging dan autodialingyang keduanya dikaitkan dengan bentuk spam.

Selain itu, forward chat secara berlebihan, menyalahgunakan daftar broadcast untuk menargetkan kontak yang tidak dikenal juga termasuk dalam kegiatan yang melanggar.

Aktivitas Kriminal

WhatsApp tidak menoleransi aktivitas ilegal di platformnya, seperti percakapan yang mempromosikan atau mendorong tindakan kriminal seperti pedofilia akan mendapatkan penangguhan akun segera.

Menyebarkan Malware atau Tautan Phishing

Mendistribusikan konten berbahaya seperti malware atau tautan phishing melalui WhatsApp juga dilarang keras. Tindakan tersebut tidak hanya melanggar ketentuan platform tapi juga menimbulkan risiko keamanan bagi pengguna lain.

Mendapatkan Laporan dari Pengguna

WhatsApp juga memberdayakan pengguna untuk melaporkan tindakan yang melanggar pedoman platform. Jika Anda terlibat dalam tindakan spamming, menyebarkan informasi yang salah, atau melanggar hak kekayaan intelektual, pengguna lain dapat melaporkan Anda.

Itu tadi beberapa alasan yang menyebabkan akun WhatsApp Anda ditangguhkan. Hati-hati!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 20 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories