5 Hal tentang Anda Ini Jadi Sorotan Perekrut Saat Wawancara Kerja

5 Hal yang Pertama Kali Diperhatikan Perekrut tentang Anda Saat Wawancara Kerja (freepik.com/yanalya)

JAKARTA - Pasar tenaga kerja baru-baru ini tampaknya terlihat dan terasa seperti roller coaster, di mana banyak orang sedang menunggu karier yang tepat atau mempertimbangkan untuk berganti karier.

Jika hal itu juga Anda alami, Anda mungkin berpikir tentang apa saja keterampilan yang dicari oleh perekrut, kemungkinan pertanyaan wawancara kerja, dan cara menanyakan gaji.

Namun, sebelum Anda mulai menegosiasikan benefit yang Anda peroleh, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui apa saja yang diperhatikan oleh perekrut saat mewawancarai Anda.

Hal-hal yang Diperhatikan Perekrut Saat Wawancara Kerja

1. Ketepatan Waktu

Tidak masalah apakah wawancara dilakukan melalui telepon, video, atau secara langsung, Anda tetap perlu datang tepat waktu. Jika wawancara dilakukan secara langsung, datanglah sekitar 10 menit lebih awal, lalu berikan waktu yang cukup jika ada masalah pada lalu lintas, parkir, atau transportasi umum.

Jika wawancara dilakukan melalui telepon atau video call, Anda tetap harus berhati-hati ketika mengatur waktu. Anda juga harus memeriksa layanan telepon seluler dan memastikan konektivitas internet tetap stabil.

2. Lingkungan Sekitar Anda

Jika Anda wawancara melalui video call, ingatlah bahwa latar belakang Anda penting. Jauhkan tempat tidur Anda dari pandangan kamera, bereskan, dan jangan letakkan keranjang cucian yang penuh atau lemari terbuka di belakang Anda.

Anda juga bisa menggunakan virtual background atau blur atau memburamkan background video agar lebih nyaman saat wawancara.

3. Perhatian Anda

Tetaplah fokus dalam beberapa menit hingga jam menjelang wawancara. Anda sebaiknya tidak minum atau bahkan makan saat proses wawancara sedang berlangsung.

Oleh karena itu, pastikan Anda makan dan minum dengan cukup terlebih dahulu sebelum melakukan sesi wawancara.

4. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Perekrut mengetahui apakah seorang kandidat siap atau tidak saat wawancara, adalah dengan mengetahui apakah kandidat sudah melakukan riset terlebih dahulu. 

Terkadang, perekrut melakukan ‘wawancara stres’ untuk membuat kandidat merasa tidak nyaman atau terintimidasi. Hal ini akan membuat perekrut mengetahui apakah kandidat terampil menangani tekanan atau tidak.

5. Kepercayaan Diri Anda

Cara Anda membawa diri menunjukkan banyak hal. Perekrut cenderung mencari kandidat yang autentik, tenang, dan yakin terhadap dirinya.

Ketika Anda menjalani wawancara kerja ini dengan percaya diri dan yakin pada diri sendiri, Anda memiliki kesempatan lebih baik ketika menunjukkan kemampuan Anda. 

Itu tadi penjelasan mengenai hal-hal yang diperhatikan perekrut saat wawancara kerja.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 04 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories