5 Jenis Minuman yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa

5 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa (Trenasia)

JAKARTA - Pada saat bulan Ramadan, umat muslim di berbagai belahan dunia ikut menjalankan perintah ibadah puasa. Pada saat menunaikan ibadah puasa, maka umat muslim tidak diperbolehkan untuk makan atau minum sejak imsak sampai adzan maghrib. 

Kewajiban tersebut mungkin membuat banyak orang jadi merasa haus dan lemas. Tidak mengherankan ketika buka puasa, banyak orang yang langsung mengincar berbagai minuman segar yang dapat menghilangkan rasa haus.

Meski begitu, ada baiknya jika Anda berhati-hati dalam memilih minuman ketika buka puasa. Hal ini karena beberapa minuman justru bisa memicu asam lambung naik.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari 5 minuman berikut ini.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

1. Cokelat

Cokelat sering disalahkan atas peningkatan gejala refluks asam. Oleh karena itu, hindari minum cokelat baik cokelat panas, susu cokelat, atau minuman cokelat lainnya karena dapat memperburuk asam lambung.

2. Kopi 

Minum kopi dapat menimbulkan gangguan pada beberapa orang yang mengalami asam lambung. Tidak hanya itu, kopi juga bersifat asam, jadi jika Anda sudah mengalami iritasi di kerongkongan maka ada kemungkinan minum kopi bisa membuat Anda merasa lebih buruk.

3. Jus Jeruk

Menurut American Medical Association, buah jeruk sering dikaitkan dengan munculnya gejala mulas. 

4. Soft Drink atau Soda

Minuman berkarbonasi harus dihindari ketika Anda berbuka puasa. Hal ini karena minum minuman manis dan bersoda dapat menimbulkan erosi atau kerusakan gigi.

5. Minuman Tinggi Lemak

Asupan minuman tinggi lemak seperti milkshake dapat menimbulkan gejala GERD yang buruk. 

Itu tadi beberapa minuman yang sebaiknya dihindari untuk diminum ketika buka puasa.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories