5 Kesalahan Ini Membuat Mobil Anda Lebih Mudah Jadi Korban Pencurian

5 Hal Ini Membuat Mobil Anda Jadi Mudah Dicuri, Hati-hati! (Freepik.com)

JAKARTA - Sikap untuk selalu waspada adalah perilaku yang perlu Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Hal ini karena ketika kita lengah, berbagai barang milik kita bisa dengan mudah lenyap diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah soal keamanan mobil.

Mobil kerap dibutuhkan untuk berpindah tempat baik di dalam kota, antar kota, dan sebagainya. Saat Anda mengendarai mobil, mungkin Anda juga akan berhenti untuk membeli makan, bensin, atau menginap. Kemungkinan besar, hal itu menyebabkan Anda meninggalkan kendaraan di parkiran tanpa pengawasan.

Meski kebanyakan mobil keluaran terbaru dilengkapi alarm dan bahkan beberapa di antaranya memiliki perangkat anti-pencurian, mekanisme para pencuri tampaknya terus menemukan cara-cara canggih untuk mencuri kendaraan Anda. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pencegahannya, dengan menghindari kebiasaan seperti berikut ini.

Hal-hal yang Membuat Mobil Anda Rentan Dicuri

1. Ada Barang Berharga yang Terlihat dari Dalam Mobil

Barang berharga seperti tas, laptop, dan ponsel pasti menarik perhatian calon pencuri mobil. Namun, ternyata bukan hanya barang-barang mahal yang membuat mobil Anda menarik bagi mencuri. Barang-barang kecil seperti kacamata hitam, tas olahraga, dan tas belanja juga dapat menarik pencuri karena bisa dijual dengan cepat.

Selalu ingat bahwa mobil dengan barang berharga yang terlihat mungkin tampak sebagai target yang lebih menjanjikan daripada mobil yang terlihat kosong. Selain itu, dalam beberapa kasus, pencuri bisa jadi membobol mobil untuk mencuri barang berharga, tapi mereka justru menemukan kunci atau barang lain yang dapat membuat pencurian mobil itu sendiri jadi lebih mudah.

2. Mobil Diparkir di Tempat yang Kurang Terang

Ada banyak alasan orang menyukai memarkir mobil di tempat yang terpencil. Mungkin, mereka menghindari pintu mobil yang penyok akibat parkir di tempat yang sibuk. Ada juga yang beralasan bahwa mereka tidak ingin repot mendapatkan parkir utama.

Namun ternyata, pencuri lebih suka menargetkan mobil yang diparkirkan di area yang kurang terang dan terpencil, karena mereka bisa melakukan aksinya tanpa terlihat. Oleh karena itu, parkirlah di area yang terang dan sibuk kapanpun jika memungkinkan. Selain itu, gunakan fasilitas parkir yang disertakan kamera pengawas dan cobalah parkir yang masih dalam jarak pandang kamera.

3. Sistem Mobil yang Bisa Masuk Tanpa Kunci

Selain perampokan mobil, kita juga perlu khawatir soal peretasan mobil. Sistem masuk tanpa kunci memang telah membuat hidup jadi nyaman, tapi kunci fob bisa mengirim sinyal untuk membuka kunci dan ketika pencuri memperoleh sinyal tersebut, mereka bisa menggunakannya untuk mencuri mobil Anda.

Oleh karena itu, simpan kunci fob Anda dalam kantong penghalang sinyal atau wadah logam ketika tidak digunakan. Letakkan di lokasi tengah dalam rumah untuk meminimalisir kemungkinan sinyal tersebut di tangkap oleh pencuri di luar rumah. 

4. Anda Tidak Mengambil Tindakan Keamanan Tambahan

Sistem keamanan mobil yang dipasang di pabrik adalah awal yang baik, tetapi mungkin tidak cukup, terutama karena begitu penjahat belajar cara meretas dan melewati sistem alarm tertentu, mereka dapat mengulangi proses pada kendaraan serupa.

Oleh karena itu, Anda bisa melindungi diri Anda dengan memasang kunci kemudi, alarm tambahan, atau perangkat pelacak GPS dapat menghalangi pencuri dan membantu memulihkan kendaraan Anda jika dicuri.

5. Pintu dan Jendela Mobil Anda Tidak Terkunci

Mungkin sedang ada banyak hal yang mengganggu kita saat keluar dari mobil, seperti menyelesaikan percakapan telepon, memikirkan podcast yang kita dengarkan, atau memastikan anjing terikat pada tali. 

Hal itu membuat kita jadi mudah untuk lupa menutup jendela sepenuhnya dan mengunci pintu. Selain itu, mungkin Anda berpikir tidak apa-apa meninggalkan jendela terbuka saat berhenti sebentar untuk mengambil laundry atau membeli secangkir kopi. Padahal, jendela yang setengah terbuka bisa menjadi titik masuk yang mudah bagi pencuri.

Oleh karena itu, jika mobil Anda memiliki sistem alarm, coba nyalakan. Biasakan memastikan jendela tertutup sepenuhnya dan mobil terkunci. Ini sangat penting untuk perlindungan dari pencurian mobil. Selain itu, Anda harus memeriksa ulang apakah Anda telah menekan tombol kunci yang benar.

Itu tadi beberapa hal yang membuat mobil Anda jadi rentan mengalami pencurian. Tetaplah hati-hati dan waspada!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 07 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories