5 Komunitas di Probolinggo Bagikan Paket Daging Kurban ke Warga yang Isoman

Komunitas di Probolinggo Bagikan Paket Daging Kurban ke Warga yang Isoman (istimewa)

Masih banyaknya warga yang terpapar virus COVID-19 menjadi perhatian komunitas Heppiii Community dan Bold Riders di Probolinggo. Itu sebabnya, dalam perayaan Idul Adha 1442 H ini pembagian daging kurban juga difokuskan kepada warga dan keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman) untuk penyembuhan.

Dwi Haryantoro mewakili gabungan komunitas mengatakan kegiatan Kurban dilaksanakan oleh 5 Komunitas yang terdiri dari Karang Taruna (karta) dan Bold Riders Probolinggo.

Karang Taruna melibatkan karta Couple dan karta Kali Buntu. Sementara, Bold Riders menyertakan; NVL RP, KCI, dan PCBC. 

Total hewan kurban ada 3 ekor kambing yang dibagikan ke dalam 75  paket daging kurban. Kegiatan dilakukan bersamaan pada  22 Juli lalu.

"Pembagian paket kurban dilakukan di tiga desa yaitu Ngepung, Laweyan, dan Kali Buntu. Paket daging ini kami utamakan kepada warga yang sedang Isoman dan dilakukan menggunakan APD. Terima kasih kepada semua teman-teman komunitas yang membuat acara ini sukses dan jadi manfaat masyarakat," kata Dwi di Probolinggo, Sabtu (24/7).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak.

Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" yabg digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (rilis)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories