5 Kuliner Terbaik di Solo yang Harus Anda Cicipi

5 Rekomendasi Kuliner Enak di Solo yang Harus Dicoba Saat Berlibur (Foto: Streetview)

JAKARTA - Berwisata adalah salah satu pilihan untuk mengisi hari libur sekaligus menghilangkan rasa penat usai sekian waktu bergelut dengan pekerjaan. 

Berbagai pilihan berwisata dan liburan dapat dilakukan seperti pergi ke pantai, gunung, menikmati pemandangan, melakukan hobi dan lain sebagainya. Wisata kuliner mungkin bisa menjadi alternatif jika bosan dengan beragam cara berwisata seperti yang telah disebutkan. Terlebih jika wisata kuliner itu dilakukan di Kota Solo. 

Terdapat banyak spot wisata kuliner yang tentunya akan menggoyang lidah. Kulinernya pun beragam mulai dari makanan berat, minuman, hingga makanan ringan. Berikut 5 rekomendasi kuliner di Kota Solo.

Rekomendasi Kuliner di Solo

Tengkleng Pak Manto

Lokasi Tengkleng Pak Manto (Foto: Streetview)

Rekomendasi kuliner pertama dibuka dengan makanan berat berbahan dasar daging kambing. Tengkleng dan sate buntel Pak Manto menjadi salah satu menu yang cocok untuk disantap sebagai pembuka wisata kuliner di Kota Solo. Tengkleng dan sate buntel merupakan salah satu kuliner yang banyak di dijumpai di Kota Solo. 

Umumnya tengkleng disajikan dengan kuah berwarna kuning dengan citarasa segar. Namun olahan tengkleng di Pak Manto ini berbeda. Tengkleng akan kembali diolah menjadi dengan beberapa bumbu sehingga menghasilkan menu tengkleng rica. Rasanya cukup enak antara perpaduan pedas dan manis ditambah.

Selain tengkleng dan tengkleng rica, terdapat menu lain yang patut dicoba yaitu sate buntel. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya sebab ukurannya yang jumbo. Satu porsi satu buntel bisa dinikmati untuk 2 hingga 3 orang. Rasanya cenderung manis karena bumbu kecap yang dipakai. 

Harga makanan di tempat makan ini berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp60 ribu tergantung pada menu yang dipesan. Lokasinya berada di Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan buka pada pukul 07.30-20.00 WIB.

Soto Triwindu

Soto Triwindu (Foto: Streetview)

Rekomendasi kedua masih pada makanan berat namun kali ini menunya adalah soto. Kuliner soto dapat dijumpai dimana saja dengan berbagai variannya, termasuk di Kota Solo. Soto Triwindu menjadi salah satu lokasi kuliner soto yang legendaris di Kota ini. Presiden Joko Widodo pun bahkan menjadikan Soto Triwindu sebagai favoritnya.

Soto Triwindu memiliki kuah yang cenderung bening layaknya soto khas Solo dan sekitarnya. Rasanya paduan antara gurih dan segar dari kuah kaldu. Dagingnya dipotong melebar dan cukup empuk teksturnya. Sebagai pendamping, terdapat berbagai lauk pilihan seperti ragam jeroan, tempe goreng dan lain sebagainya. Lauk tersebut cocok sekali untuk melengkapi semangkok soto hangat.

Alamat Soto Triwindu yaitu berada di Jalan Teuku Umar, RT.001/RW.001, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Soal harga, semangkok soto dibanderol dengan harga sekitar Rp16 ribu saja. Masih cukup terjangkau untuk menikmati soto yang lezat dan legendaris tersebut.

Selat Viens

Selat Viens (Foto: Streetview)

Menu ketiga yang direkomendasikan saat berkuliner ke Solo yaitu Selat Viens. Makanan ini masih bisa digolongkan sebagai salah satu makanan berat. Akan tetapi, cita rasa selat ini sangat segar dan fresh untuk dinikmati. Selat merupakan salah satu kuliner khas solo yang mulanya merupakan hidangan untuk bangsawan keraton pada masanya.

Selat Viens merupakan salah satu tempat makan kuliner tersebut. Selat terbuat dari daging giling seperti bistik yang disajikan bersama potongan telur, kentang, dan beragam sayuran seperti selada, wortel, buncis, serta tomat. Seluruh jenis bahan tersebut diataruh di atas piring dan disiram dengan kuah bercita rasa manis-asam-segar. 

Sangat cocok apabila makanan ini dinikmati kala cuaca sedang panas terik. Seporsi selat solo dibanderol dengan harga sekitar Rp17 ribu sehingga masih cukup terjangkau. Lokasi selat viens berada di Jalan Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. 

Es Kapal

Penjual Es Kapal (Foto: Streetview)

Usai menikmati beragam kuliner berat, kini saatnya menyeruput dinginnya minuman sebagai pelepas dahaga. Rekomendasi minuman khas Kota Solo yang disarankan untuk dicicipi adalah es kapal. Keberadaan es ini sangat legendaris di Kota Solo dengan ciri khas gerobaknya yang berbentuk menyerupai kapal dengan ujungnya yang lancip.

Es kapal terbuat dari ampuran es parut, santan, dan sirup cokelat yang dibuat dari gula jawa. Pada bagian atas gelas kemudian diberi sepotong roti tawar. Roti ini nantinya dimakan dengan cara mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam es yang berada di gelas. Sensasi seperti itulah yang berbeda dengan minuman lainnya. 

Es kapal mudah dijumpai di sekitaran Kota Solo khusunya di daerah dekat Stadion Sriwedari. Biasanya terdapat para penjual es kapal yang menjajakannya di kawasan tersebut. Harga satu gelasnya juga cukup murah hanya sekitar Rp5.000 hingga Rp7.000 saja.

Kue Leker

Sebagai penutup dari rangkaian kuliner di Kota Bengawan ini, tidak ada salahnya jika mencicipi makanan ringan. Kue leker menjadi rekomendasi makanan ringan yang bisa dicoba kala berkunjung ke Kota Solo. Leker merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung dan dimasak di atas tungku. 

Kue leker memiliki beragam varian isi mulai dari pisang coklat, meses, keju, selai, dan masih banyak lainnya tergantung selera pembeli. Penjual kue leker dapat mudah dijumpai di Kota Solo seperti di kawasan Pasar Gede, depan Gramedia Jalan Slamet Riyadi dan beberapa lokasi lainnya. Harga satu bijinya sangat murah antara Rp2.000 sampai Rp5.000 tergantung isiannya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 23 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 29 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories