5 Langkah Praktis untuk Menjaga Keamanan Smart Home dari Serangan Peretas

5 Cara Melindungi Smart Home dari Peretas (Freepik)

JAKARTA - Smart home memang menawarkan kenyamanan. Meski begitu, tetap ada risiko keamanan tersendiri, di mana peretas dapat mengambil kendali seperti bel pintu, smart speaker, dan perangkat lain yang terhubung. Kamera yang terdapat pada smart home juga dapat diretas sehingga dapat memata-matai pengguna. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir yang membuat Anda sepenuhnya menghindari manfaat perangkat smart home. Cara menanggulanginya adalah dengan menerapkan beberapa tips seperti berikut.

Tips Melindungi Smart Home

Pertimbangkan Apa yang Sebenarnya Anda Butuhkan

Seperti yang dilansir dari PC Mag, sebelum Anda terburu-buru membeli smart speaker atau video doorbell, cobalah untuk mempertimbangkan lagi kenyamanan Anda dalam menyeimbangkan kenyamanan dengan keamanan dan privasi.

Kamera keamanan mungkin menawarkan perlindungan ekstra bagi rumah Anda tapi apakah Anda setuju jika rekaman tersebut diunggah ke internet? Selain itu, asisten suara seperti Alexa juga tidak pernah tidur dan selalu mendengarkan perintah Anda. Apakah hal itu menyeramkan atau menyenangkan?

Amankan Jaringan Wi-Fi

Pada umumnya sebagian besar router menggunakan SSID khusus model dan tidak aman atau menggunakan kata sandi umum seperti admin. Hal itu akan memudahkan hacker atau peretas untuk mengakses Wi-Fi rumah Anda dan melihat-lihat perangkat rumah pintar Anda yang telah terhubung.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki password yang kuat untuk mengamankan jaringan Wi-FI Anda.

Perbarui Firmware

Firmware adalah suatu perangkat lunak tingkat rendah yang memberi day apada router dan gadget IoT lainnya. Anda dapat mengakses firmware router untuk mengubah password dan mengonfigurasi berbagai pengaturan.

Jika Anda menjalankan firmware lama, hal ini akan membuat perangkat Anda lebih rentan diretas, dan hacker dapat mengeksploitasi kelemahan keamanan yang belum diperbaiki. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konfigurasi perangkat secara otomatis,

Ganti Router yang Kedaluwarsa

Anda mungkin sering membeli ponsel atau laptop baru, tapi bagaimana dengan router Anda? Bisa jadi router Anda sudah lama dan berdebu di rak.

Jika kinerja internet Anda belum menurun, hampir pasti keamanan perangkat Anda yang terhubung akan terganggu. Router yang sudah lama akan membuat protokol keamanan juga menua sehingga memudahkan pelaku kejahatan meraih titik akses.

Pisahkan Jaringan

Tahun 2019 FBI pernah memberikan peringatan bahwa lemari es dan laptop tidak boleh berada di jaringan yang sama. Simpan data paling pribadi dan sensitif Anda di sistem terpisah dari perangkan IoT Anda yang lain.

Itu tadi beberapa cara mengamankan smart home Anda dari ancaman hacker atau peretas.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories