5 Langkah Sederhana untuk Menjaga Keseimbangan Antara Kebutuhan dan Pengeluaran

Ingin Belanja Tetapi Tetap Menjaga Pengeluaran? Ikuti 5 Tips Berikut Ini (Trenasia)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat belanja selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang. Tidak hanya itu, banyak juga yang berbelanja hanya untuk menikmati hidup atau sekadar cuci mata. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada keuangan Anda.

Jika Anda mengalami situasi tersebut, Anda membutuhkan panduan atau tips agar tetap hemat meskipun sering berbelanja. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Cara Berhemat Saat Belanja

Pilih Kartu Kredit dengan Keuntungan Lebih Banyak

Sebaiknya Anda tidak sembarangan menggunakan kartu kredit saat berbelanja. Cari kartu kredit yang membuat pengalaman berbelanja lebih menyenangkan dan tidak memberatkan keuangan Anda. 

Cari kartu kredit dengan bonus pendaftaran lebih banyak, suku bunga rendah, dan cashback. Ini akan membantu Anda menghemat lebih banyak uang saat berbelanja. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit yang memberikan poin reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai barang.

Coba Pertimbangkan untuk Membeli Barang Bekas

Tidak ada yang salah dengan menggunakan barang bekas. Anda bisa memanfaatkan ini untuk membeli barang bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Membeli barang bekas juga memungkinkan Anda mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Melalui toko barang bekas, Anda mungkin akan menemukan barang langka atau buku yang sulit ditemukan lagi.

Pilih Barang yang Tidak Dipajang

Biasanya, barang-barang yang tidak terjual setelah beberapa minggu akan dijual dengan harga yang lebih murah. Pilihlah barang-barang yang tidak lagi dipajang untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Jelajahi Bazaar dan Pasar Lelang

Anda bisa menjelajahi bazaar dan pasar lelang, terutama saat liburan. Anda juga bisa memeriksa akun media sosial selebriti karena mereka mungkin menjual barang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Cari Barang dari Orang yang Ingin Pindah

Jika Anda membutuhkan peralatan rumah tangga, hindari membelinya di mall atau toko. Coba cari barang tersebut di e-commerce karena banyak orang yang menjual barang saat ingin pindah rumah.

Demikianlah beberapa cara untuk tetap hemat saat berbelanja. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 27 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories