5 Minuman Khas Nusantara yang Diyakini Miliki Banyak Manfaat

5 Rekomendasi Minuman Khas Indonesia yang Penuh Manfaat

JAKARTA - Anda tentu sudah akrab dengan minuman khas Indonesia yang beraneka ragam. Menurut keterangan dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf, minuman khas nusantara umumnya kaya akan khasiat kesehatan.

Hal tersebut karena minuman khas nusantara diracik dari bahan alami, salah satunya rempah-rempah. Tentu saja racikan tersebut didukung oleh alam nusantara yang menyediakan berbagai jenis rempah yang kemudian dimanfaatkan oleh nenek moyang kita.

Minuman Khas Nusantara yang Penuh Manfaat

Berikut adalah sejumlah minuman khas nusantara yang dipercaya mengandung banyak khasiat kesehatan.

1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh berasal dari Yogyakarta dan bercita rasa manis, hangat, disertai aroma rempah. Dalam bahasa Jawa “uwuh” berarti sampah, yang diartikan sebagai minuman berisi dedaunan dan rempah mirip seperti sampah. 

Minuman khas nusantara ini mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat membantu menyegarkan badan, mengatasi masuk angin, dan melancarkan aliran darah. 

Menariknya lagi, wedang uwuh masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbud, serta menjadi salah satu produk ekraf yang masuk pasar mancanegara. Mulai dari Kanada, Jeddah, Vietnam, hingga Nigeria.

2. Teh Talua

Teh talua berasal Sumatera Barat yang terbuat dari campuran teh dengan telur ayam atau itik, gula, dan perasan jeruk nipis. Campuran tersebut menghasilkan lima gradasi warna unik yang disebut limo lenggek. 

Teh talua sering dikonsumsi malam hari untuk memberi kehangatan dan dipercaya dapat mengembalikan stamina karena mengandung vitamin A, D, E, K, dan protein cukup tinggi. 

3. Sarabba

Minuman ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan dikenal sebagai minuman penghangat dan penambah stamina. Sarabba terbuat dari ramuan jahe, gula, santan, dan kuning telur. 

Sarabba biasanya mempunya cita rasa pedas rempah, dan cocok sekali diminum saat malam hari atau saat cuaca hujan. Di Makassar, Sarabba umumnya hadir sebagai teman makan pisang goreng.

4. Brem Bali

Brem Bali merupakan salah satu minuman tradisional dari Bali, yang kerap menjadi sesajen upacara-upacara adat masyarakat Hindu Bali. Brem Bali sendiri merupakan minuman dengan kadar alkohol mencapai 9-25%. 

Minuman tradisional pulau dewata ini terbuat dari proses fermentasi ketan hitam. Proses pembuatan Brem Bali bisa memakan waktu 1-6 bulan untuk mendapatkan brem bali yang sempurna. 

5. Ie Seureubet

Ie Seureubet merupakan salah satu minuman tradisional berasal dari Aceh. Minuman ini terbuat dari campuran lada, kayu manis, jahe, pandan, cengkeh, kayu manis, hingga gula merah. 

Ie seureubet juga dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memulihkan tenaga setelah beraktivitas.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 26 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 28 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories