5 Spot Terjorok di Pesawat yang Perlu Anda Hindari

5 Bagian Terjorok di Pesawat Menurut Pramugari (Freepik.com/DCStudio)

JAKARTA - Menurut Federal Aviation Administration, hampir tiga juta penumpang terbang melintasi Amerika Serikat setiap hari, dan jutaan lainnya bepergian ke seluruh dunia. Pesawat-pesawat tersebut tentu juga harus dibersihkan dengan cepat, dan meskipun tim pembersih berusaha keras membersihkan setiap kursi sebelum penumpang berikutnya naik, beberapa bagian terkadang terlewat atau tetap sedikit kotor dari satu penerbangan ke penerbangan berikutnya. 

Menurut pramugari, ada beberapa bagian pesawat yang sebaiknya dihindari atau setidaknya dibersihkan setelah disentuh.

Berikut adalah lima tempat terjorok di pesawat, seperti yang dilansir dari Travel and Leisure.

Tempat Terjorok di Pesawat yang Perlu Anda Waspadai

1. Kartu Petunjuk Keselamatan

Pramugari dan travel blogger, Josephine Remo, mengungkapkan bahwa bagian terjorok di pesawat adalah kartu petunjuk keselamatan di saku kursi. Meskipun meja lipat biasanya dilap, kartu petunjuk ini justru tidak dibersihkan. Sebaiknya, setelah membaca kartu, gunakan pembersih tangan atau lap kartu tersebut dengan tisu basah.

2. Bagasi Kabin

Remo juga menyarankan untuk mengelap atau menggunakan kain saat membuka kompartemen bagasi di atas kepala, karena bagian ini sering disentuh oleh banyak orang dan jarang dibersihkan. Setelah menyimpan tas kabin Anda, gunakan pembersih tangan.

3. Meja Lipat

Meja lipat di pesawat dikenal sebagai salah satu bagian terjorok. Sebuah studi pada tahun 2015 oleh Travelmath menunjukkan bahwa meja lipat memiliki bakteri delapan kali lebih banyak per inci persegi dibandingkan tombol ventilasi udara di atas kepala. Sebaiknya, lap meja lipat dengan tisu sebelum digunakan, terutama sebelum makan.

4. Sarung Kursi

Pramugari Sue Fogwell menambahkan bahwa sarung kursi tidak selalu diganti atau dibersihkan, kecuali jika ada laporan khusus. Bahkan jika dilaporkan, tidak semua kejadian yang mengakibatkan sarung kursi kotor akan menyebabkan penggantian, karena dapat menyebabkan penundaan penerbangan.

5. Pegangan Pintu Kamar Mandi

Toilet pesawat memang sering dibersihkan, tetapi kunci dan pegangan pintunya tidak. Oleh karena itu, setelah menggunakan toilet atau menyentuh apapun di dalam pesawat, disarankan untuk menggunakan pembersih tangan.

Itu tadi beberapa tempat di pesawat yang terkotor yang perlu Anda waspadai.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 12 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories