5 Tips Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan Berlebihan

5 Cara Menghilangkan Kembung Setelah Makan Berlebihan (Freepik)

JAKARTA - Saat-saat liburan tentu menjadi momen yang sangat berharga dan sering dinanti-nanti banyak orang. Selain itu, di momen liburan ini juga sering dimanfaatkan untuk wisata kuliner untuk merasakan berbagai makanan khas daerah wisata.

Namun, hal itu ternyata dapat membuat perut jadi terasa tidak nyaman dan kembung. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba beberapa hal sebagai berikut.

Cara Mengatasi Perut Kembung Usai Makan Secara Berlebihan

Inilah berbagai cara yang bisa Anda tempuh setelah mengonsumsi makanan secara berlebihan.

1. Konsumsi Jahe

Jahe memiliki aroma dan rasa yang pedas yang diyakini bisa meredakan perut kembung. Jahe memiliki khasiat yang menenangkan aktivitas usus dan mengurangi gas usus sehingga mampu mengurangi rasa kembung.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari jahe dengan menikmati secangkir teh jahe. Tidak hanya mengatasi kembung, jahe juga dapat meredakan mual sehingga menambahkan manfaat untuk sistem pencernaan.

2. Hidrasi

Tetap terhidrasi ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengurangi kembung. Cairan dibutuhkan untuk melancarkan perjalanan makanan ke seluruh saluran pencernaan Anda.

Saat Anda mengalami dehidrasi, organ pencernaan mungkin kurang terlumasi sehingga berdampak pada pencernaan. 

3. Bergerak

Bergerak dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Setelah makan, cobalah untuk melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda. 

Gerakan ringan ini dapat melancarkan pencernaan dan meredakan kembung. Selain itu, berjalan kaki segera setelah makan dapat meningkatkan penurunan berat badan yang selanjutnya membantu kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

4. Berbaring Miring

Meski berbaring telentang setelah makan dapat menyebabkan refluks, sebenarnya ada beberapa manfaat untuk sistem pencernaan jika Anda berbaring miring. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kembung, cobalah berbaring miring ke kiri.

Hal ini memungkinkan gravitasi untuk membantu proses pencernaan, memindahkan isi saluran pencernaan melalui perut dan usus. Tidak hanya itu, penelitian juga mencatat bahwa berbaring miring ke kiri dapat mengurangi timbulnya gejala yang berhubungan dengan penyakit gastroesophageal reflux.

5. Konsumsi Makanan dengan Porsi Kecil

Terkadang kembung bukan disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi internal, melainkan hanya disebabkan oleh saluran pencernaan yang kewalahan dengan jumlah makanan yang perlu diproses.

Oleh karena itu, untuk membantu sistem pencernaan tetap normal, konsumsi makanan dalam porsi kecil sepanjang hari. Jika Anda mengalami kembung usai makan siang, hindari makan malam dalam jumlah besar. Kemudian, makanlah dua hingga tiga porsi camilan kecil sepanjang hari.

Anda juga bisa memilih makanan yang mudah dicerna, seperti sup berbahan dasar kaldu sebagai salah satu makanan kecil untuk meredakan kembung.

Itu tadi penjelasan cara mengatasi perut kembung setelah mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Nov 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories