6 Cara Mudah untuk Berpindah atau Mengubah Arah Karier Anda dengan Sukses

6 Cara Mudah Switch Career atau Mengubah Karier (Freepik.com/pressfoto)

JAKARTA -  Istilah switch career tampaknya akhir-akhir ini sering kita jumpai saat scrolling di media sosial. Switch career dapat diartikan sebagai upaya mengubah karier atau pekerjaan yang selama ini dilakukan.

Hal itu dapat melibatkan berbagai hal sebelum melakukannya, seperti riset jalur karier, menilai keterampilan yang sudah dimiliki selama ini, dan menemukan peluang yang sesuai dengan kondisi Anda.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar Anda tidak salah arah ketika switch career? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Melakukan Switch Career atau Mengubah Karier

1. Renungkan Hal yang Anda Sukai dan Tidak Sukai dari Pekerjaan Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk switch career, ada baiknya jika Anda merenungkan hal-hal yang Anda sukai dan tidak sukai dari posisi atau pekerjaan sebelumnya.

Anda bisa mencoba membuat dua daftar, satu untuk hal yang tidak Anda sukai dari pekerjaan Anda, dan satu lagi tujuan Anda meraih posisi atau pekerjaan baru. 

2. Nilai Pengalaman dan SKill Anda Saat Ini

Pertimbangkan skill atau training apa yang Anda miliki sekarang bisa menjadi pondasi yang kuat untuk Anda meraih posisi atau karier yang baru. Meski karier baru Anda mungkin tidak sejalan dengan pengalaman yang Anda miliki, kemungkinan besar Anda tetap memiliki beberapa keterampilan yang relevan dan bisa bermanfaat untuk rekruter atau calon pemberi kerja.

3. Sejajarkan Keterampilan Anda dengan Pilihan Karier Berikutnya

Selanjutnya Anda perlu menganalisis keterampilan apa saja yang Anda miliki, karier yang membutuhkan beberapa pelatihan, atau pekerjaan yang memerlukan keterampilan tingkat lanjut. 

4. Analisis Karier Baru

Anda bisa mulai mencari berdasarkan jenis pekerjaan dan kata kunci yang sesuai dengan keterampilan Anda. Contohnya jika Anda sangat menguasai soal WordPress, Anda bisa memasukkan keyword tersebut di pencarian di portal lowongan kerja.

Anda perlu lebih kreatif dan teliti. Perlu diingat bahwa untuk saat ini Anda belum tentu dapat mencari pekerjaan tertentu, melainkan lebih ke perubahan karier.

5. Perbarui Resume

Jika Anda telah menemukan lowongan kerja yang potensial, perbarui resume Anda yang mencerminkan keterampilan dan pengalaman relevan sehingga Anda sangat cocok menjadi kandidat yang tepat.

6. Buat Rencana

Anda mungkin sangat tergoda untuk meninggalkan pekerjaan saat ini agar meraih pekerjaan baru yang lebih baik. Akan tetapi, sebaiknya tunggulah sampai Anda memiliki tawaran pekerjaan di karier yang baru. 

Jika Anda sudah mendapatkan pekerjaan baru, penting untuk resign dengan baik dan penuh hormat. Hal itu akan membantu Anda menjaga hubungan positif dengan atasan Anda meski Anda telah berganti karier.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum mantap career switch atau beralih ke jalur pekerjaan yang baru.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 03 Mei 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories