7 Ciri-ciri Smartphone yang Harus Anda Perhatikan untuk Menghindari Serangan Virus atau Malware

7 Tanda Smartphone Anda Mungkin Terinfeksi Virus atau Malware (Istimewa)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, smartphone saat ini memang berfungsi sebagai pintu gerbang menuju kehidupan digital. Mulai dari menyediakan tempat aman untuk percakapan pribadi hingga membantu mengelola keuangan. 

Smartphone sekarang menjadi semacam komputer yang selalu bersama kita dan memungkinkan kita terhubung dengan dunia hanya dengan sekali ketuk. Oleh karena itu, seperti halnya komputer, smartphone juga rentan terhadap infeksi malware dan virus.

Sayangnya, terkadang sulit mendeteksi keberadaan malware dan virus di smartphone. Tindakan ini umumnya diambil untuk memastikan pengguna tidak mudah mendeteksi keberadaan malware atau antivirus, sehingga malware dapat terus mencuri data pengguna dan informasi lainnya tanpa sepengetahuan pengguna. Namun demikian, ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan apakah ponsel Anda mungkin telah terinfeksi.

Ciri-ciri Ponsel Anda Terinfeksi Malware

Berikut adalah tujuh tanda utama untuk memeriksa apakah smartphone Anda telah terinfeksi malware.

1. Baterai Mudah Habis

Ini merupakan salah satu tanda yang paling mudah untuk diperiksa jika ponsel Anda terinfeksi. Jika baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dari biasanya, bisa jadi ini adalah tanda adanya malware atau virus yang berjalan di latar belakang.

2. Penggunaan Data yang Tidak Biasa

Malware dan virus juga cenderung mengonsumsi banyak data karena secara berkala mengirimkan data yang dikumpulkan ke pihak yang tidak bertanggung jawab di belakang layar. Menurut peneliti keamanan di Group-IB, peningkatan penggunaan data tanpa alasan yang jelas dapat menunjukkan adanya infeksi malware.

3. Kinerja Ponsel Lambat

Malware dapat mengonsumsi sumber daya sistem, yang dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Jika ponsel Anda tiba-tiba menjadi lambat atau sering mengalami pembekuan, ini bisa menjadi tanda bahaya.

4. Aplikasi yang Tidak Dikenal

Periksa daftar aplikasi yang terinstal untuk melihat apakah ada aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan. Beberapa malware biasanya juga menyamar sebagai aplikasi yang sah.

5. Peningkatan Izin yang Mendadak

Jika Anda melihat bahwa beberapa aplikasi mendapatkan izin yang tidak perlu atau ada aplikasi dengan akses berlebihan ke perangkat Anda, ini bisa menjadi tanda masalah keamanan.

6. Panas Berlebih

Malware dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi panas karena menekan sumber daya perangkat. Jika ponsel Anda terasa mudah panas secara tidak wajar, sebaiknya segera diselidiki.

7. Tanda-Tanda Aneh

Jika ponsel Anda menunjukkan tanda-tanda aneh, seperti melakukan panggilan sendiri, mengirim pesan tanpa izin Anda, atau mengakses aplikasi tanpa input Anda, ini bisa menjadi tanda adanya malware.

Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu Anda untuk segera mengambil tindakan jika ada indikasi bahwa smartphone Anda mungkin terinfeksi malware. Keamanan smartphone sangat penting untuk melindungi data pribadi dan keuangan Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 19 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 20 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories