7 Destinasi Wisata dengan Tema BTS yang Menarik bagi Pecinta Musik dan Penggemar K-Pop

Member BTS (Instagram.com/bts.bighitofficial)

JAKARTA - Korea Selatan memiliki berbagai destinasi lokasi menawan yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Bagi para penggemar setia BTS (ARMY), lokasi bersejarah dan ikonik yang wajib dikunjungi dalam perjalanan BTS memiliki daya tarik khusus, di mana setiap lokasi dapat menambahkan lapisan kegembiraan ekstra dalam perjalanan mereka di Korea.

Jika Anda seorang ARMY, teruslah membaca untuk daftar atraksi wisata bertema BTS yang luar biasa untuk dijelajahi selama perjalanan Anda ke Korea Selatan.

Rekomendasi Destinasi Wisata Bertema BTS

1. Agensi BTS – Gedung Lama BigHit Entertainment

Gedung lama BigHit di kawasan Gangnam, Seoul, merupakan lokasi penting bagi penggemar BTS (dikenal sebagai ARMY), menyimpan kenangan berharga dan menjadi saksi perjalanan grup musik Kpop BTS dari debut hingga ketenaran global.

Gedung lama BigHit (koreabyme)

Meskipun BigHit telah pindah ke gedung baru, gedung lama yang kosong ini masih menarik pengunjung. Dinding eksteriornya dipenuhi dengan graffiti yang menyentuh hati, mengungkapkan kerinduan ARMY agar BTS berkunjung dan menyampaikan pesan cinta dan dukungan.

Alamat: Cheonggu Building, 10-31 Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan.

2. Restoran Yoojeong

Yoojung Sikdang adalah restoran yang sering dikunjungi anggota BTS selama masa trainee. Restoran yang dihiasi poster BTS ini merupakan lokasi syuting variety show yang terkenal. Restorannya menyajikan berbagai hidangan yang disukai anggota BTS.

Yoojung Sikdang (emieyes)

Cita rasa lezat di Yoojung Sikdang telah merebut hati para penggemar BTS dan penduduk setempat, menjadikannya tujuan yang wajib dikunjungi bagi para pecinta makanan. Namun, restoran tersebut tidak menawarkan pilihan halal untuk ARMY Muslim.

Alamat: Yoojeong Sikdang, 8-8 Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan.

3. Taman Hakdong

Taman Hakdong memiliki makna sejarah karena menyaksikan perjalanan awal BTS. Selama masa rookie mereka, BTS sering menghabiskan waktu di Taman Hakdong, seperti yang disebutkan di variety show Run BTS.

Taman Hakdong (klook)

Taman ini berfungsi sebagai tempat bagi BTS untuk menghilangkan stres, berkumpul, dan mendiskusikan kehidupan mereka. BTS bahkan berlatih koreografi mereka untuk lagu “N.O.” di taman ini. Taman ini menarik secara visual dan berlokasi strategis hanya 5 menit berjalan kaki dari bekas gedung Hiburan BigHit.

Alamat: Taman Hakdong, nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan.

4. Hyuga Cafe & Bakery

Kafe Hyuga, yang dulunya merupakan asrama untuk anggota BTS, mungkin tidak terlihat seperti kafe dari depan karena eksteriornya yang terbuat dari bata merah. Interior kafe ini memiliki desain minimalis dan sedikit bergaya industri, dengan dominasi perabot kayu.

Meskipun tidak memiliki tema BTS, pemilik menyediakan dinding tempel di mana pengunjung Army dapat meninggalkan catatan tempel.

Hyuga Cafe & Bakery (anagonzales)

Selain itu, kafe ini memamerkan lukisan dan foto BTS agar pengunjung dapat menikmatinya, memberikan kesempatan unik untuk merasakan ruang tinggal mantan anggota BTS dari tahun 2016-2017. Selain itu, kafe ini menawarkan beragam pilihan makanan dan minuman yang lezat.

Alamat: Woo Seong Village 16, Nonhyeon-ro 119-gil, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan.

5. Taman Bermain Hutan Seoul Forest

Hutan Seoul adalah lokasi yang wajib dikunjungi bagi para penggemar BTS, menampilkan berbagai tempat terkait anggota BTS. Taman ini memiliki beberapa bangku yang diukir dengan nama-nama anggota BTS dan kutipan-kutipan mereka.

Secara khusus, ada sebuah bangku unik yang didedikasikan untuk V & ARMY, terletak di taman yang menawan dengan papan kecil bertanda Winter Bear Garden. Selain itu, Anda dapat menemukan lokasi tabung Suga, memungkinkan Anda untuk merekam kembali foto ikoniknya dari poster ‘Love Yourself: Her.’

Hutan Seoul Forest (visitkorea)

Dalam kolaborasi dengan klub penggemar J-Hope, pemerintah kota Seoul telah mendirikan Hutan J-Hope di dalam Taman Seoul Forest. Klub penggemar tersebut memberikan sumbangan yang besar, dan pemerintah kota menyediakan lokasi tersebut.

Hutan J-Hope terletak di antara danau pusat dan area permainan air, dengan luas mencakup 213 kaki persegi. Taman yang tenang ini memiliki tempat istimewa di hati J-Hope.

Alamat: Seoul Forest, Seongsu-dong-1-ga, Seongdong-gu, Seoul, Korea Selatan.

6. Hybe Insight

HYBE, sebelumnya dikenal sebagai Big Hit Entertainment, terletak di dalam Yongsan Trade Center di Yongsan-gu, Seoul. Tempat ini memiliki area pameran serbaguna. Penting untuk dicatat, Anda harus mendaftar reservasi melalui Weverse atau Interpark.com untuk menjelajahi museum ini.

Hybe Insight (visitkorea)

HYBE Insight mencakup dua lantai basement, terutama sebagai museum dan area pameran budaya. Lokasi ini wajib dikunjungi oleh para pengagum BTS dan artis lain yang berafiliasi dengan HYBE seperti TXT, ENHYPEN, NU'EST, Seventeen, dan LE SSERAFIM.

Alamat: 42, Hangang-daero, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan.

7. Lokasi Syuting BTS—“You Never Walk Alone” Halte Bus & Pantai Jumunjin

Halte Bus & Pantai Jumunjin (hallyuvibe)

Jika Anda sedang melakukan tamasya napak tilas BTS di Korea Selatan, lokasi yang harus Anda kunjungi berikutnya adalah ‘Bangtan Bus Stop’ di Jumunjin, Gangneung, Provinsi Gangwon. Di halte bus ikonik ini, BTS berpose untuk sampul album “You Never Walk Alone.”

Meskipun merupakan replika, halte bus ini terkenal sebagai ‘Bangtan Bus Stop,’ menarik 22.272 pengunjung dari 137 negara. Di dekatnya, Anda akan menemukan pantai Jumunjin yang memukau, lokasi syuting untuk video musik “Spring Day” milik BTS. Saat Anda menjelajahi lokasi ikonik BTS di Korea, jangan lewatkan situs-situs menarik ini.

Itulah beberapa tempat bertema BTS yang dapat Anda kunjungi saat di Korea Selatan, Anda dapat melakukan napak tilas di sana, seperti misalnya foto di Gedung lama BigHit.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 20 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 21 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories