7 Manfaat yang Bisa Diperoleh Saat Anak Main Sendiri, Jangan Khawatir!

Orang Tua Jangan Salah, Bermain Sendirian Juga Penting untuk Anak (What to Expect)

JAKARTA - Setiap milestone perkembangan anak tentu akan sangat membahagiakan orang tua. Namun, sebagai orang tua, tak jarang Anda mungkin merasa cemas ketika harus membiarkan anak-anak bermain sendirian. Anda mungkin khawatir anak akan merasa sendirian dan terisolasi ketika harus bermain sendirian. 

Tidak hanya itu, sering juga muncul perasaan merasa bersalah karena waktu sendirian untuk anak kerap dikatikan dengan pengabaian dan tidak adanya perhatian yang tercurah dari orang tua ke anak. 

Meski begitu, perlu dipahami bahwa bermain adalah bagian integral dari perkembangan anak-anak dan bermain sendirian memiliki peran yang cukup krusial pada perkembangan pada diri anak. 

Berikut ini 7 manfaat bermain sendiri bagi anak dari laman parents.com.

Manfaat Anak Bisa Bermain Sendiri

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Anak-anak yang bermain sendiri belajar mencari kebahagiaan dan kesenangan dari diri mereka sendiri. Mereka tidak selalu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain dan ini membantu mereka menjadi lebih percaya diri.

2. Imajinasi yang Berkembang

Biarkan anak bermain sendiri untuk melatih imajinasi mereka. Waktu sendirian akan memunculkan pahlawan super, putri, dan berbagai skenario kreatif yang mungkin tidak terjadi jika mereka selalu bermain dengan orang lain.

3. Kemandirian Sosial

Bermain sendiri membantu anak merasa nyaman dalam situasi tanpa selalu membutuhkan kehadiran orang lain. Ini bukan berarti anak akan menjauhi orang lain, tetapi memberi mereka rasa kemandirian sosial.

4. Ketenangan

Bermain sendiri memberikan anak rasa ketenangan. Walaupun bermain dengan orang lain menyenangkan, bermain sendiri membawa keadaan mood anak ke tingkat yang berbeda.

Belajar bermain sendiri mengajarkan anak untuk menenangkan diri. Mereka belajar mencari solusi sendiri dan mulai memahami emosi mereka dengan lebih baik.

5. Keamanan Saat Sendirian

Anak yang bisa bermain sendiri tidak terlalu bergantung pada Anda untuk mencari hiburan. Mereka tahu cara menikmati waktu sendiri tanpa merasa ditinggalkan.

6. Persiapan untuk Sekolah

Bermain sendiri membantu anak mempersiapkan diri untuk sekolah. Mereka belajar bahwa Anda tidak selalu bisa bersama mereka setiap saat, yang bermanfaat saat mereka harus menjalani pengalaman baru di sekolah.

7. Memberi Orang Tua Waktu Istirahat

Meskipun tidak menjadi tujuan utama, membiarkan anak bermain sendiri bisa memberi Anda jeda atau waktu istirahat yang sangat dibutuhkan. Hal Ini juga bisa menjadi sarana memberikan contoh kepada anak bahwa setiap orang perlu waktu untuk menikmati kesendirian mereka.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 22 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 22 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories