8 Kuil Paling Menakjubkan di Asia untuk Perjalanan Spiritual Anda

8 Destinasi Wisata dengan Kuil Terindah di Asia untuk Perjalanan Spiritual (Pexels.com/Charl Durand)

JAKARTA - Asia adalah benua yang memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Tidak hanya itu, Asia juga rumah bagi beberapa kuil paling menakjubkan di dunia.

Situs-situs suci tersebut tidak hanya memamerkan keajaiban arsitektur, tapi juga berfungsi dalam sisi spiritual. Baik Anda seorang peziarah atau turis, Anda bisa menjelajahi kuil-kuil ini untuk menawarkan pengalaman berwisata yang lebih kaya.

Destinasi Wisata Kuil Terindah di Asia

1. Angkor Wat, Kamboja

Terletak di jantung kota kuno Angkor di Kamboja, Angkor Wat adalah Situs Warisan Dunia UNESCO sekaligus monumen keagamaan terbesar. Dibangun pada abad ke-12, kuil ini memiliki paduan ukiran yang rumit, menara yang menjulang tinggi dan kolam refleksi.

2. Biara Sarang Harimau (Paro Taktsang), Bhutan

Biara Sarang Harimau terletak di tepi tebing Himalaya yang merupakan simbol spiritualitas dan ketahanan masyarakat Bhutan. Perjalanan untuk mencapai situs suci ini sama memukaunya dengan biara itu sendiri. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang mistis, menjadikannya tempat yang harus dikunjungi bagi para pencari ketenangan.

3. Pagoda Shwedagon, Myanmar

Pagoda ini terletak di Yangon, Myanmar. Pagoda Shwedagon terdiri dari stupa emas yang terlihat berkilau serta dihiasi dengan berlian dan rubi. Situs suci ini merupakan mercusuar spiritualitas Buddha.

Selain itu, cahaya keemasan pagoda saat matahari terbenam juga menawarkan pemandangan yang tidak terlupakan, sangat membekas dalam ingatan para pengunjungnya.

4. Kuil Buddha Zamrud (Wat Phra Kaew), Thailand

Kuil ini terletak di dalam kompleks Istana Agung di Bangkok. Wat Phra Kaew terdapat Buddha Zamrud, patung giok yang diukir dengan sangat teliti.

Arsitektur kuil ini memiliki tampilan memukau dengan detail yang rumit dan warna yang cerah. Kuil ini berdiri sebagai bukti warisan budaya dan seni Thailand. 

5. Kuil Meenakshi Amman, India

Kuil Meenakshi Amman terletak di Madurai yang merupakan mahakarya arsitektur Dravida. Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Meenakshi, kompleks kuil ini memiliki gopuram atau menara pintu masuk yang menjulang tinggi yang dihiasi dengan ribuan patung warna-warni. Ukiran yang rumit dan aula yang semarak menjadikan kuil ini berbagai visual yang menarik bagi pengunjung.

6. Borobudur, Indonesia

Borobudur menjulang tinggi di lanskap Jawa Tengah yang subur serta menjadi candi Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada abad ke-9, candi ini memiliki sembilan platform bertingkat yang dihiasi dengan 504 patung Buddha dan lebih dari 2.600 panel relief. Wisatawan juga dapat melihat pemandangan matahari terbit dari Borobudur yang tidak boleh dilewatkan.

7. Kuil Emas (Harmandir Sahib), India

Kuil ini terletak di Amritsar, India dan menjadi situs tersuci dalam ajaran Sikhisme. Kuil ini terdiri dari bangunan berlapis emas berkilau yang dikelilingi oleh kolam suci yang dikenal sebagai Amrit Sarovar. Kuil ini juga memiliki keindahan arsitektur yang tidak boleh dilewatkan.

8. Kuil Todaiji, Jepang

Terletak di Nara, Todai-ji merupakan rumah bagi Aula Buddha Agung, rumah bagi salah satu patung Buddha perunggu terbesar di dunia. Kompleks kuil ini dikelilingi oleh taman-taman yang indah dan lentera-lentera batu kuno, yang menciptakan suasana yang tenang. Todai-ji merupakan bukti kekayaan tradisi keagamaan dan seni Jepang.

Itu tadi beberapa kuil terindah di Asia yang ternyata salah satunya adalah Borobudur di Indonesia. Apakah Anda sudah pernah mengunjunginya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 29 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories