8 Trik Rahasia Gunakan WhatsApp yang Jarang Diketahui Banyak Orang

8 Tips Menggunakan WhatsApp yang Jarang Diketahui (WhatsApp)

JAKARTA - WhatsApp pertama kali dirilis pada tahun 2009. Sejak kemunculannya, aplikasi perpesanan ini terus menambahkan banyak fitur baru untuk penggunanya. 

Tidak mengherankan adanya fitur tersebut membuat penggunanya jadi semakin banyak, yang dapat berkontribusi pada semakin populernya WhatsApp di kalangan masyarakat.

Namun, kadang-kadang fitur-fitur baru ini tersembunyi dan mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini 8 tips WhatsApp yang jarang diketahui.

Cara Menggunakan WhatsApp yang Jarang Diketahui

1. Mengatasi Obrolan Grup yang Mengganggu

Pasti Anda memiliki satu atau dua obrolan grup WhatsApp yang mengganggu. Rasanya ingin keluar grup, tapi Anda tak ingin membuat anggota grup tersinggung. Menanggapi permasalahan ini, WhatsApp menawarkan solusi yang keren untuk berhenti merasa terganggu oleh grup tanpa benar-benar keluar. 

Langkah mengatasi obrolan grup yang mengganggu:

Pergi ke grup yang ingin Anda tinggalkan diam-diam, lalu pilih menu (untuk sistem Android) atau ketuk nama grup (iOS) untuk membuka pengaturan grup. 

Di sini, pilih "matikan notifikasi" dan "selamanya". Lalu kembalilah ke daftar obrolan Anda, dan pindahkan grup tersebut ke arsip obrolan Anda.

Melakukan hal ini tidak hanya akan mematikan notifikasi, tapi juga menyembunyikan grup dari daftar obrolan Anda. 

Karena Anda tidak meninggalkan grup, tidak akan ada pemberitahuan, dan Anda masih bisa kembali ke grup kapan saja. 

2. Balas Pesan Grup secara Pribadi

Obrolan grup dengan teman atau keluarga memang seru, tapi kadang Anda ingin menjawab pesan secara pribadi. Caranya sangat mudah. Cukup tahan pesan yang ingin Anda balas, lalu pilih "balas secara pribadi".

Langsung saja Anda akan diarahkan ke obrolan pribadi dengan orang tersebut, tetapi dengan menyertakan tangkapan layar dari pesan grup. 

3. Batasi Tampilan Gambar dan Video di Galeri Anda

Apakah galeri ponsel Anda dipenuhi oleh gambar-gambar dan video WhatsApp yang mungkin tidak ingin Anda simpan? Jika iya, jangan khawatir karena Anda bisa membatasinya.

Klik obrolan yang bersangkutan, lalu pilih nama obrolan. Di sini, pilih "visibilitas media" dan pilih "tidak". Sekarang, gambar dan video dari obrolan tersebut tidak akan tersimpan di galeri Anda.

4. Kirim Gambar yang Bisa Menghilang

Anda bisa mengirim gambar yang akan hilang setelah dilihat sekali. Caranya, pilih gambar yang ingin Anda kirim, lalu tap angka "1" yang muncul di atas keterangan gambar. Langkah Ini akan mengaktifkan opsi "lihat sekali".

5. Bagikan Cerita Suara

Anda juga bisa berbagi cerita suara di WhatsApp. Cerita ini akan muncul di tab "Pembaruan".

Untuk membagikan cerita suara, pergi ke tab "Pembaruan", lalu cari ikon pensil. Ketuk ikon tersebut dan Anda bisa merekam suara Anda untuk dibagikan. 

6. Melihat Kapan Pesan Anda Dibaca

Anda bisa melihat jam berapa pesan Anda dibaca. Cukup ketuk pesan yang bersangkutan, lalu pilih "info".

7. Hias Pesan Anda

Anda bisa membuat pesan WhatsApp Anda lebih menarik dengan memformat teksnya. Ada tiga pilihan: tebal, miring, dan coret.

Tebal: untuk membuat pesan Anda menjadi bold, Anda bisa menambahkan bintang sebelum dan sesudah kata yang ingin Anda *garisbawahi*

Coret: untuk membuat pesan Anda menjadi underline coret kata dengan menggunakan gelombang ~sekitar~.

Miring: gunakan huruf miring dengan menggunakan garis bawah _di depan kata-kata yang ingin Anda garisbawahi_

Hack rahasia: Anda juga dapat menggabungkan dua gaya, jika Anda *_ingin teksnya tebal dan miring_*

8. Ubah Font

Anda juga dapat mengubah font di WhatsApp. Belum banyak yang tahu tips rahasia satu ini. Caranya adalah dengan mengetikkan aksen French accent grave ```di depan dan setelah font baru```. Harap diperhatikan, ini bukan tanda yang sama dengan tanda apostrof (')!

Semoga tips WhatsApp ini bermanfaat untuk Anda!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 24 Mar 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 26 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories