Agrowisata Dama Batang Park, Diharapkan Mampu Tingkatkan Perekonomian Padang Pariaman

Dama Batang Park, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Foto: dok harianhaluan)

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur sangat mengapresiasi para pemuda kreatif yang bergerak untuk kemajuan dan pengembangan destinasi wisata Padang Pariaman. Demikian juga dengan aksi kolaborasi anak muda kreatif dari dua kecamatan terujung ini, yakni Sungai Geringging dan IV Koto Aur Malintang. Karena mereka telah menghadirkan berbagai tempat-tempat wisata di Padang Pariaman.

Dalam kesempatan itu, dia menyatakan sangat mendukung berbagai program kreatifitas tersebut. Namun dia berpesan untuk dapat meningkatkan pengelolaannya, supaya objek wisata yang ada dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan semakin diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun wisatawan luar daerah.

"Selamat Agrowisata Dama Batang Park, semoga diminati wisatawan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Ketua DPD PAN ini dikutip dari situs resmi Pemkab Padang Pariaman, Jumat 3 Februari 2023.

Lebih lanjut Suhatri Bur yang didampingi Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita berpesan, agar pengelola melengkapi Agrowisata Dama Batang Park ini dengan berbagai tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. Sehingga berdirinya agrowisata ini dapat meningkatkan hasil pertanian daerah setempat.

Kemudian dia berharap, hasil yang sudah luar biasa yang dirintis oleh anak muda ini agar dirawat dan dikembangkan bersama. Sehingga akan menjadi kawasan pengembangan objek wisata di daerah terkusus wilayah Sungai Geringging, Aur Malintang dan sekitarnya.

Dia menyatakan, akan menjadikan program yang disegerakan, namun pembangunan akses tersebut harus didukung oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

"Kita tidak ingin pembangunan yang bertujuan untuk memanjakan masyarakat dan pengunjung, punya efek negatif dan menimbulkan masalah bagi pemilik lahan, " tambahnya lagi.

Sebelumnya tokoh pemuda sekaligus penggerak dan pengembang Agrowisata Dama Batang Park Rudi Koto mengisahkan, hadirnya Dama Batang Park ini berkat kolaborasi dua masyarakat Sungai Geringging dan Aur Malintang.

Dia menyebut, masyarakat yang sangat ingin perubahan dan peningkatan, Dama Batang dinilai sangat punya potensi besar sebagai wilayah kunjungan wisatawan dengan alamnya yang indah dan udara yang sejuk.

Rudi berharap, dukungan pemerintah dalam upaya pengembangan Dama Batang ini, baik akses jalan maupun sarana penunjang lainya. Sejauh ini katanya, perhatian Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat tinggi. Kepemimpinan Bupati Suhatri Bur sangat dipuji, karena komitmen sang bupati dalam mendukung program kemasyarakatan.

"Dama Batang beberapa tahun belakang hanya punya jalan setapak, karena kolaborasi pemuda kreatif ini dan didukung Aciak sebagai bupati yang berkomitmen untuk peningkatan objek wisata ini, sehingga bisa dilihat jalan menuju ke Dama Batang ini sudah sangat lebar," ulasnya.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Derlita mengatakan, fotography sangat penting untuk dunia wisata, karena sentuhan tangan para fotografer lah wisata daerah akan lebih cepat dikenal dunia luar.

Menurutnya, gambar lebih cepat dan lebih banyak dapat bercerita untuk menyampaikan pesan, termasuk dalam mempromosikan tempat-tempat wisata.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi kreatifitas pemuda kreatif ini, selamat berlomba kepada para fotografer, semoga dapat berkompetisi dengan baik dan dapat mempromosikan Agrowisata Dama Batang Park ini," tutupnya.

Editor: Egi Caniago

Related Stories