Alasan Penting untuk Tidak Memesan Minuman Ber-es Saat Terbang

Inilah Alasan Anda Sebaiknya Tidak Boleh Memesan Minuman dengan Es Saat Naik Pesawat (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA - Minuman dengan es mungkin terkesan menyegarkan saat penerbangan, tetapi ada alasan mengapa Anda harus menghindari memesan hal tersebut ketika naik pesawat.

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, makanan di pesawat cenderung memiliki reputasi buruk mungkin karena bisa mudah terkontaminasi. Namun, dengan pemikiran ini, para pelancong mungkin berpikir memilih minuman selama penerbangan adalah opsi yang lebih aman daripada memesan yang lainnya. Para penumpang mungkin berpikir, apa bahaya yang ditimbulkan dalam segelas air es.

Meski begitu, pasokan air di pesawat mungkin tidak begitu aman. Sebenarnya ada alasan mengapa air dan minuman dengan es di pesawat harus dihindari.

Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memesan Minuman dengan Es Saat di Pesawat? 

Mirip dengan makanan di pesawat, es di pesawat cenderung terkontaminasi. Hal itu berarti segelas air es sederhana atau minuman lain dengan es dapat mengandung bakteri, lebih spesifiknya, E.coli dan bakteri koliform.

Penyebab Kontaminasi Air di Pesawat

Seperti yang dikutip dari Reader’s Digest, sebelum minuman dengan es sampai di baki pesawat Anda, air dan es pesawat dipegang dan mungkin bersentuhan dengan berbagai permukaan. Kedua faktor ini dapat dengan mudah menyebabkan kontaminasi pada minuman dengan es.

Salah satu permukaan paling penting yang bersentuhan dengan es adalah tangki air pesawat. Tangki air pesawat digunakan dalam persiapan minuman dan untuk menyediakan air di wastafel kamar mandi. Sebuah studi tahun 2015 bahkan menemukan bahwa tangki pasokan air pesawat mendukung pertumbuhan mikroba. Dengan kata lain, air keran di pesawat dapat menyebabkan kontaminasi bakteri pada apa pun yang bersentuhan dengannya. Banyak pramugari tetap sehat dengan menghindari minuman dari keran di pesawat.

Meskipun es juga bisa tiba di pesawat melalui vendor pihak ketiga, es tersebut masih memiliki potensi untuk terkontaminasi.

Apa yang Harus Dilakukan oleh Penumpang Pesawat?

Menurut Katie Heil, Manajer Desain Pengalaman Pembelajaran Penjual/Server di Certus seperti yang dikutip dari Reader’s Digest mengatakan bahwa sebagian besar orang dewasa dapat menangani kontaminasi minuman bahkan jika itu terjadi. Kebanyakan orang dewasa yang sehat memiliki sistem kekebalan yang cukup kuat untuk menelan kontaminasi tanpa konsekuensi. Namun, untuk berhati-hati, Heil menyarankan agar Anda sebaiknya membeli sebotol air sebelum waktu keberangkatan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 07 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories