Anda Perlu Tahu Soal Gejala COVID-19 Varian Delta, Cek Disini

Inilah gejala COVID-19 varian Delta yang perlu Anda ketahui.

Varian COVID-19 Delta, juga dikenal sebagai B.1.617.2, pertama kali terdeteksi di India tetapi sejak itu muncul di lebih dari 70 negara, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian COVID-19 ini tidak hanya menyebar lebih mudah daripada strain sebelumnya tetapi juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi orang yang tidak atau belum divaksinasi dan mereka yang memiliki respons kekebalan yang lebih lemah terhadap virus.

Dikutip dari laman Healthline, orang yang mengalami COVID-19 varian Delta memiliki gejala yang berbeda dan lebih parah daripada yang dilaporkan sebelumnya dalam pandemi.

Gejala COVID-19 varian Delta yaitu demam, yang kemungkinan berhubungan dengan tingkat virus dalam tubuh yang meningkat lebih tinggi dari sebelumnya terlihat selama pandemi. COVID-19 varian Delta juga membuat banyak orang menjadi sakit parah dalam 3 atau 4 hari.

Di Inggris, di mana varian Delta merupakan 91 persen dari kasus baru, satu penelitian menemukan bahwa gejala yang paling banyak dilaporkan adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek.

Untuk orang yang lebih muda, gejala ini mungkin terasa seperti pilek. Tetapi mereka masih bisa menyebarkan virus ke orang lain yang lebih berisiko terkena penyakit parah, termasuk mereka yang belum divaksinasi sepenuhnya.

Bahkan orang dengan infeksi tanpa gejala dapat menularkan virus ke orang lain.

Saat para ilmuwan mengumpulkan lebih banyak data, gambaran yang lebih jelas tentang gejala yang ditimbulkan COVID-19 varian Delta akan muncul.

Orang-orang harus waspada terhadap gejala infeksi virus corona yang lain, seperti batuk, sesak napas, sakit kepala, kelelahan, atau kehilangan indera perasa atau penciuman.

Amerika Serikat dan Inggris telah sepenuhnya memvaksinasi sekitar 43 persen dari populasi mereka. Tetapi karena COVID-19 varian Delta menjadi lebih umum di Inggris dalam beberapa pekan terakhir, negara tersebut kini mengalami lonjakan kasus COVID-19 .

Lonjakan kasus serupa juga terlihat di India ketika COVID-19 varian Delta menyebar luas. Para ahli mengatakan hal ini karena varian Delta lebih mudah menular.

Bukti awal menunjukkan varian Delta dapat meningkatkan risiko rawat inap dibandingkan dengan varian Alpha, Public Health England (PHE). Ada bukti lain bahwa vaksin COVID-19 bekerja melawan varian Delta.

Sebuah penelitian yang diterbitkan 10 Juni di jurnal Nature menemukan bahwa 20 orang yang telah menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech memiliki antibodi yang cukup dalam darah mereka untuk menetralkan beberapa varian, termasuk Delta.

Hal ini menunjukkan bahwa vaksin akan memberikan perlindungan yang memadai terhadap varian Delta, meskipun mereka mengatakan studi di dunia nyata diperlukan untuk mengetahui dengan pasti.

Penelitian lain menekankan pentingnya vaksinasi penuh, terutama ketika COVID-19 varian Delta menyebar luas di masyarakat.

Orang yang paling berisiko terkena infeksi dari COVID-19 varian Delta adalah orang-orang yang tidak sepenuhnya divaksinasi dan mereka yang tidak memiliki respon imun yang kuat terhadap vaksinasi, seperti orang dewasa yang lebih tua dan immunocompromised. (TrenAsia.com)


Related Stories