Android 15 Membawa NFC Wireless Charging ke Ponsel Anda

Canggih! Android 15 Perkenalkan NFC Wireless Charging (Freepik.com/senivpetro)

JAKARTA - Android 15 dari Google yang akan datang tampaknya bersiap untuk merevolusi cara pengguna dalam mengisi daya perangkat dengan fitur wireless charging baru melalui Near Field Communication (NFC). Fitur ini dirancang untuk memperluas kenyamanan pengguna saat mengisi daya secara nirkabel atau wireless ke gadget kecil seperti trackers, stylus, dan wireless earbuds.

Seperti yang dilansir dari HT Tech, pengisian daya nirkabel memang identik dengan standar Qi. Namun dengan adanya Android 15, wireless charging NFC menawarkan alternatif baru dan semakin bermanfaat untuk perangkat yang memiliki ruang terbatas yang mungkin kesulitan mengakomodasi kumparan pengisi daya yang lebih besar.

Apa Itu NFC Wireless Charging?

NFC wireless charging diperkenalkan oleh Forum NFC pada tahun 2020. Spesifikasi NFC wireless charging akan membuka jalan transmisi daya melalui antena yang kompak.

Penemuan terbaru di Android 15 Beta 1 mengungkapkan adanya upaya integrasi aktif Google dengan kode spesifik yang merujuk pada ‘NfcCharging’. Meski sepenuhnya terintegrasi ke dalam Android Open Source Project (AOSP), tanda-tanda ini menunjukkan komitmen serius dari Google untuk memasukkan NFC wireless charging ke dalam ekosistemnya.

Keterbatasan NFC Wireless Charging

Meski konsep ini menjanjikan, ternyata NFC wireless charging tetap memiliki keterbatasan. Teknologi ini hanya dapat menyalurkan daya maksimum 1W saja, jauh lebih kecil daripada pengisi daya Qi paling lambat yang ada. Keterbatasan inilah yang menimbulkan keraguan atas kepraktisannya untuk mengisi daya pada perangkat lebih besar yang memerlukan daya lebih besar.

Potensi NFC Wireless Charging

Potensi sebenarnya dari NFC wireless charging terlihat jelas saat mempertimbangkan perangkat yang lebih kecil. Forum NFC awalnya juga mengusulkan bahwa teknologi ini digunakan untuk berbagai gadget yang kompak, termasuk smartwatch, pelacak kebugaran, wireless  earbud, dan  digital pen. Dengan menghindari kebutuhan kumparan pengisi daya yang lebih besar, perangkat ini sebetulnya berpotensi menjadi lebih efisien.

Manfaat NFC Wireless Charging Bagi Pengguna Android

Dukungan NFC wireless charging asli di Android 15 mungkin menjadi aksesori inovatif yang disesuaikan untuk memanfaatkan teknologi ini. Meski aplikasi spesifik dan ekosistem aksesori belum sepenuhnya dieksplorasi, pengenalan ini tidak diragukan lagi dapat menjadi sebuah pertanda adanya terobosan baru dalam pengisian daya perangkat seluler Anda.

Itu tadi penjelasan soal NFC wireless charging yang diperkenalkan oleh Android 15. Apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakannya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 26 Apr 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories