Anggota DPRD Sumbar Rinaldi Berikan Bantuan 12 Ekor Sapi untuk Petani di Kawasan Danau Maninjau

Pemandangan Danau Maninjau (dok Rinaldi)

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Rinaldi, membantu petani di sekitar Danau Maninjau sebanyak 12 ekor sapi betina produktif. Bantuan sapi tersebut, ditujukan agar ekonomi petani tidak hanya bergantung dengan hasil danau.

Bantuan tersebut juga merupakan pokok-pokok pikiran Rinaldi yang dianggarkan melalui APBD Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2020. Sapi yang diberikan dalam keadaan bunting sehingga diharapkan tidak berapa lama dipelihara sudah melahirkan.

"Bantuan sapi ini merupakan aspirasi masyarakat dengan harapan, petani tidak selalu menggantungkan ekonomi dengan hasil danau," kata Rinaldi, dikutip dari situs resmi DPRD Sumbar, Selasa 2 November 2021.

Menurut Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Sumbar tersebut, bantuan sapi produktif itu diharapkan dapat mengalihkan usaha masyarakat dari yang selama ini lebih banyak bergantung kepada hasil Danau Maninjau.

"Jadi, nantinya diharapkan masyarakat beralih menjadi peternak sapi dari selama ini lebih banyak bergantung ke danau menjadi peternak ikan dan hasil danau lainnya,"ujarnya.

Ditambah lagi, terjadinya ikan-ikan yang mati di dalam keramba danau sejak beberapa tahun belakangan telah menimbulkan kerugian yang cukup banyak bagi masyarakat. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah terpaksa mengambil kebijakan untuk mengurangi jumlah keramba ikan di Danau Maninjau.

"Untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, beternak sapi bisa menjadi pilihan, agar tidak lagi bergantung ke danau," tambahnya.

Rinaldi menjelaskan, bantuan sapi bunting produktif tersebut diberikan, agar petani cepat mendapatkan hasil. Bantuan tersebut merupakan bantuan lepas yang diharapkan dapat mendorong ekonomi masyarakat petani.

Dia berharap, bantuan yang telah diberikan dapat dipelihara dengan baik oleh masyarakat penerima. Bila dipelihara dengan baik, hasil yang diperoleh juga akan bertambah.

Lebih jauh menurut Rinaldi, Danau Maninjau mengalami kelebihan kapasitas tampung keramba jaring apung sehingga berdampak kepada kualitas air.

Akibatnya, sejak beberapa tahun terakhir, sering terjadi kematian ikan yang dipelihara masyarakat di keramba yang ada di danau tersebut. 
Mengalihkan usaha dengan beternak sapi, bisa mengurangi ketergantungan ekonomi masyarakat dari danau.

Rinaldi berkomitmen untuk terus mendorong pergerakan ekonomi masyarakat di daerah pemilihannya melalui berbagai program yang dimasukkan ke dalam pokok-pokok pikirannya berdasarkan aspirasi masyarakat.

"Memberikan bantuan sapi betina produktif merupakan salah satu upaya. Kami berkomitmen untuk mendorong ekonomi masyarakat melalui berbagai program yang bisa dilakukan," ulasnya.

Rinaldi merupakan anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2019-2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili daerah pemilihan tiga yang meliputi Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi

Editor: Sutan Kampai

Related Stories