Anyang Batumbuak, Minuman Segar yang Hanya Bisa Dijumpai Pada Momen Ramadan Saja

Anyang Batumbuak, Minuman Tradisional Kota Pariaman yang hanya ada setiap bulan Ramadan. Foto: ist

Kota Pariaman ternyata memiliki satu jenis minuman yang dicari oleh konsumennya setiap Ramadan dan minuman ini hanya bisa didapatkan ketika bulan suci ini saja.

Anyang Batumbuak, itulah nama dari minuman tersebut. Minuman tradisional Kota Pariaman ini hanya dikenal oleh orang-orang tertentu saja, dan tidak semua orang juga yang bisa membuatnya, karena untuk anak-anak milenial saat ini mereka tidak akan mengenal minuman ini, sebab minuman ini hanya dijual di pasar tradisional saja, sedangkan mereka sekarang hanya mengenal minuman cafe saja.

Anyang Batumbuak memiliki cita rasa yang segar, apalagi diminum dalam keadaan dingin yang membuat orang yang meminumnya menjadi ketagihan untuk meminumnya setiap hari. Minuman ini juga bisa menambah energi selain untuk pelepas dahaga saja.

Di Kota Pariaman hanya satu orang saja yang menjual minuman ini yaitu, ibu Asmarina atau yang lebih dikenal dengan panggilan Manih. Manih berjualan anyang batumbuak ini semenjak tahun 1984, saat Pasar Pariaman masih berlokasi di dekat stasiun kereta api.

“Anyang batumbuak ini terbuat dari bahan dasar buah ambacang, karena ambacang susah mendapatkannya bisa diganti dengan buah kuini, pisang, buah timbaba (buah nangka kecil-kecil yang tidak berhasil menjadi buah nangka), nenas, cabai merah, cabai rawit, cabai giling, asam jawa, jeruk besar, gula merah, garam, dan air secukupnya," jelasnya Manih, dikutip dari situs Pemko Pariaman, Rabu 28 April 2021.

Buah yang menjadi bahan dasar minuman ini mudah didapatkan, akan tetapi kalau dihari biasa buah untuk bahan pelengkap minuman ini sangat sulit sekali didapatkan. Oleh karena itu beliau hanya membuat dan menjualnya pada saat bulan puasa saja.

Manih menjual minuman ini hanya dengan harga Rp5.000 per bungkusnya, biasanya sehari bisa habis 30 sampai dengan 50 bungkus sehari. Harga tersebut sangat terjangkau dengan kantong kita untuk membeli dan menikmati rasa segar dari anyang batumbuak ini.

Jika anda tidak percaya, silahkan datang ke Pasar Pabukoan Pariaman yang berlokasi di areal Pasar Rakyat Kota Pariaman, anda coba, dijamin anda pasti ketagihan dibuatnya.


Related Stories