Apa Itu ICONNET? Bagaimana Cara Daftarnya? Ini Penjelasan PLN

Daftar biaya langganan paket ICONNET

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN merambah bisnis layanan internet melalui ICONNET. Layanan tersebut merupakan bagian dari transformasi perusahaan.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan ICONNET akan menjawab kebutuhan dan tuntutan pelanggan yang membutuhkan internet cepat, andal, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat Indonesia. Ia berharap ICONNET dapat menjadi pemimpin pasar fixed broadband internet di Indonesia.

Layanan ICONNET tersebut akan dikelola oleh anak usaha PLN, yaitu PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Ia memastikan ICONNET akan menyediakan layanan yang andal (reliable), terjangkau (affordable), dan tanpa batas (unlimited). Layanan ini nantinya dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

“PLN membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri yang akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke depan, tentunya di mana ada listrik, di situ ada ICONNET,” ujar Zulkifli dalam keterangan resmi, Rabu 2 Juni 2021.

Ia menambahkan, data pengguna fixed broadband internet di Indonesia pada 2020 meningkat dari 12% menjadi 15%. Hal ini, kata Zulkifli, dapat menjadi peluang bagi ICONNET untuk berkontribusi menyediakan layanan internet fiber optic.

Meski ia mengakui bisnis penyediaan layanan internet bukanlah perkara mudah. Namun, Zulkifli optimistis bisnis ini bisa dijalankan oleh PLN. PLN akan turut mengakselerasi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait program digitalisasi untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui ICONNET.

“Layanan internet baru itu akan siap bersaing dengan kompetitor atau penyedia layanan internet lainnya,” tutup dia.

Peluncuran layanan internet berbasis fiber optik bernama ICONECT oleh PLN. / PLN
Apa kelebihan yang dimiliki oleh PLN Iconnect jika dibandingkan dengan penyedia jaringan lain seperti Biznet, IndiHome, First Media, dan lain-lain?

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Internet PLN atau Iconnet adalah harganya yang relatif murah.

Dengan menggunakan layanan internet PLN, maka Anda sudah bisa mendapatkan layanan unlimited dengan harga mulai dari Rp185.000 saja.

Berikut daftar harga layanan yang disediakan oleh Iconnet PLN:

Iconnet 10

Paket Iconnet ini sudah full fiber dengan kecepatan hingga 10 Mbps. Iconnect 10 sudah menerapkan unlimited kuota dan harganya hanya Rp185.000/bulan.

Iconnet 20

Iconnet 20 juga sudah full fiber dan unlimited, namun Iconnect menawarkan kecepatan maksimal hingga 10 Mbps. Anda bisa dapatkan paket Iconnect 20 hanya dengan Rp207.000/bulan.

Iconnet 50

Paket ini punya kecepatan maksimal 50 Mbps, sudah full fiber dan unlimited kuota. Untuk mendapatkan paket Iconnet 50 ini Anda cukup mengeluarkan kocek Rp297.000/bulan.

Iconnet 100

Paket ini adalah yang paling mahal dan cepat, Iconnet 100 sudah full fiber dan unlimited. Kecepatan maksimal mencapai 100 Mbps dan Anda cukup membayar Rp427.000 untuk mendapatkannya.

Cara Daftar Iconnect PLN

Pendaftaran layanan internet PLN Iconnet bisa Anda lakukan dengan mudah di website resmi iconnet.id. Berikut ini merupakan cara daftar dan beli paket Internet di Iconnet PLN:

Kunjungi website resmi Iconnet PLN di https://iconnet.id/ atau melalui super apps New PLN Mobile.

Scroll ke bawah untuk melihat paket internet yang disediakan, klik tombol Pesan Sekarang pada paket Iconnet yang Anda pilih.

Klik tombol Pasang Baru, lalu Anda perlu mengisi formulir minat layanan Icon+. Dalam form tersebut Anda hanya perlu mengisi email, nama, nomor ID pelanggan PLN, No Hp, No KTP, coverage area, alamat pemasangan internet, titik koordinat, dan paket Iconnet yang dipilih.

Tekan tombol Submit, dengan begitu maka pendaftaran Anda akan diproses oleh pihak Icon+.

Apabila ada masalah atau hal yang Anda bingungkan, silakan hubungi pihak Iconnect via email di Iconnet@iconpln.co.id.

Anda juga bisa hubungi pihak Iconnet via WhatsApp di nomor 081112002123 atau via telpon di nomor 150678.

(TrenAsia.com)


Related Stories