Apa yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Xiaomi Tidak Bisa Akses WhatsApp? Ini Penjelasannya

Waduh, Sebagian Ponsel Xiaomi Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp (Ist)

JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui, WhatsApp mengumumkan bahwa persyaratan sistem minimum untuk menggunakan aplikasi pada perangkat Android akan meningkat.

Seperti yang dilansir dari Gizchina, sebelumnya pengguna dengan perangkat yang menjalankan Android Jelly Bean 4.1 dan lebih baru bisa bisa mengakses WhatsApp.

Namun, hal ini sedang berubah. Mulai 1 Maret 2024 WhatsApp hanya akan kompatibel dengan perangkat yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau versi yang lebih baru.

Ponsel Xiaomi yang Tak Lagi Kompatibel dengan WhatsApp

Dari laporan tersebut, menyiratkan bahwa sejumlah besar ponsel Xiaomi lama tak lagi dapat mengakses WhatsApp. Meski pengumumannya dibuat tahun lalu, perubahan tersebut kabarnya akan berlaku mulai bulan depan.

Pengguna dengan perangkat yang terpengaruh dengan kebijakan tersebut akan mendapatkan pemberitahuan langsung dari WhatsApp yang mengonfirmasi perubahan ini.

Jika Anda memiliki perangkat Xiaomi yang menjalankan versi Android lebih lama dari 5.0, Anda sudah tidak dapat lagi menggunakan WhatsApp setelah 1 Maret 2024. Anda juga tidak bisa melakukan berbagai solusi alternatif untuk terus menggunakan WhatsApp di perangkat tersebut.

Meski keputusan ini memakan waktu lebih lama dari perkiraan untuk diterapkan, tampaknya keputusan tersebut tidak dapat diubah. Pengguna dengan ponsel Xiaomi yang tidak kompatibel akan memiliki dua opsi, yaitu meningkatkan ke model lebih baru yang menjalankan Android 5.0 atau lebih baru atau beralih ke aplikasi perpesanan yang lain.

Penting untuk dicatat bahwa pembaruan ini juga bertepatan dengan perubahan lainnya yang diumumkan oleh Meta, perusahaan induk WhatsApp. Mulai 1 Maret dan seterusnya, aplikasi ini akan memungkinkan pengguna membaca dan mengirim pesan ke platform perpesanan lain tanpa keluar dari WhatsApp. Fungsi ini mematuhi Undang-Undang Pasar Digital baru yang baru-baru ini disetujui oleh Uni Eropa, yang mulai berlaku pada bulan April 2024.

Cara Memeriksa Versi Android di Ponsel Anda

Meski sebagian besar pengguna mungkin tidak terpengaruh oleh perubahan ini, penting bagi pengguna perangkat Android lama untuk mengetahui pembaruan yang akan datang. Jika Anda memiliki ponsel Xiaomi yang menjalankan versi Android sebelum 5.0, Anda akan kehilangan akses ke WhatsApp setelah 1 Maret 2024.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa versi Android ponsel Anda. 

  1. Untuk memverifikasi versi Android perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
  2. Buka aplikasi Pengaturan ponsel Xiaomi Anda.
  3. Ketuk “About phone”
  4. Temukan entri untuk "Android Version" untuk memeriksa versi spesifik yang diinstal pada perangkat Anda.

Setelah Anda mengetahui versi Android ponsel Anda, Anda memiliki dua opsi agar bisa tetap mengakses akun WhatsApp Anda.

  • Pertama, tingkatkan perangkat Anda.  Jika ponsel Anda menjalankan versi Android yang lebih lama dari 5.0, pertimbangkan untuk meningkatkan ke model yang lebih baru yang memenuhi persyaratan minimum untuk terus menggunakan WhatsApp.
  • Anda juga bisa menjelajahi platform perpesanan alternatif. Teliti dan jelajahi aplikasi perpesanan alternatif yang kompatibel dengan sistem operasi perangkat Anda.

Perubahan ini mencerminkan upaya berkelanjutan dalam lanskap teknologi seluler untuk memastikan kompatibilitas dengan standar dan fungsi keamanan yang terus berkembang. Meskipun hal ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian pengguna, keputusan ini pada akhirnya berkontribusi pada pengalaman seluler yang lebih aman dan terkini demi kebaikan yang lebih besar.

Itu tadi penjelasan mengenai kebijakan WhatsApp yang akan menghentikan layanannya di Android versi tertentu.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 26 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories