Arti Apa Itu Bare Minimum Monday yang Lagi Viral di TikTok

Mengenal Tren TikTok Bare Minimum Monday (Freepik.com)

JAKARTA - Banyak orang mengeluhkan datangnya hari Senin yang terasa datang terlalu cepat. Hal ini mungkin karena hari Senin kerap dikaitkan sebagai hari dimana seseorang merasa kurang bersemangat dan kurang antusias untuk memulai aktivitas bekerja. 

Tidak hanya itu, hari Senin juga kerap dikaitkan dengan Monday Blues yaitu perasaan malas, kekurangan semangat, atau sedikit keinginan untuk memulai aktivitas kerja atau kembali ke rutinitas setelah akhir pekan. 

Inilah yang melatarbelakangi munculnya tren Bare Minimum Monday di TikTok. Bare Minimum Monday adalah tren yang dimulai oleh content creator sekaligus pendiri Spacetime Monotasking Marisa Jo Mayes.

Mayes menciptakan istilah Bare Minimum Monday untuk menggambarkan bagaimana di awal minggu ia akan memperlambat kerjanya. Alih-alih merasa lumpuh karena daftar tugas yang sangat panjang, dia fokus melakukan hanya tugas-tugas pekerjaan yang paling penting saja.

Ketika dia selesai melakukan hal-hal tersebut, dia membiarkan dirinya menggunakan waktu yang tersisa untuk perawatan diri, kegiatan kreatif, bersih-bersih, atau hal lain yang dirasa menyenangkan untuk dilakukan.

“Sebelum saya mulai melakukan Bare Minimum Monday, saya secara fisik membuat diri saya sakit karena stres,” kata Mayes dalam salah satu video. “Saya tidak dapat menghasilkan apapun karena tingkat kelelahan yang saya capai.”

Mayes mengatakan berlatih Bare Minimum Monday membebaskan Anda dari tekanan beban kerja yang tidak realistis, mendorong Anda untuk memperlakukan diri dengan lebih lembut dan membantu Anda menghindari kelelahan.

Ternyata menurunkan ekspektasi terhadap apa yang harus Anda capai dalam sehari dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan yaitu membuat pekerjaan produktif menjadi lebih mudah dilakukan.

Saat dia memulai Bare Minimum Monday agar dia merasa lebih baik, Mayes menemukan bahwa mengurangi waktu luangnya membuatnya, "lebih produktif daripada yang pernah dia bayangkan".

Cara Melakukan Bare Minimum Monday 

Dalam wawancaranya dengan Indiser, Mayes mengatakan dirinya tidak melihat ponsel atau emailnya untuk dua jam pertama hari Seninnya. Sebaliknya, dia menghabiskan waktunya dengan membaca, menulis jurnal, atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Setelah istirahat makan siang, dia menghabiskan dua jam untuk fokus pada pekerjaan. Mayes juga secara sengaja melakukan tugas-tugas yang menurutnya mendesak atau penting.

Minggu malamnya Mayes memutuskan tugas mana yang dianggap sebagai tugas penting untuk diselesaikan pada hari Senin. 

Pada akhirnya, konsep Bare Minimum Monday adalah tentang mengubah pola pikir Anda untuk hanya fokus pada tugas-tugas terpenting pada hari awal Minggu tersebut. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 27 Nov 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 04 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories