Bahaya Bila Anak Kecanduan HP, Bisa Berdampak ke Mental

Ilustraso penggunaan Hp pada anak semakin meningkat di masa pandemi. (Ismail Pohan/TrenAsia.com)

Psikolog Klinis RSUD dr Darsono Pacitan Ni Made Diyah Rinawardani SPsi MPsi mengatakan ada beberapa kasus psikologis anak yang banyak ditangani saat ini adalah terkait dengan kecanduan game, melihat video asusila sampai kesulitan bersosialisasi.

“Lebih mengerikan lagi, ketika pasien anak datang dengan kasus kecanduan video asusila dan tidak jarang anak sudah meniru adegan-adegan yang seharusnya belum layak mereka konsumsi, ini akan menimbulkan permasalahan lain yang lebih kompleks seperti pelecehan seksual,” kata Made di Poli Psikologi RSUD dr Darsono.

Made Diyah menambahkan masa pandemi Covid-19 telah mengakibatkan krisis hak-hak anak seperti akses ke pendidikan dan kesehatan mental. 

Anak yang terlalu asik dengan gadget akan lupa bersosialisasi dengan teman secara nyata. Dampaknya, timbul rasa cemas dan tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang baru.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, menurut Made Diyah, adalah orangtua harus mengawasi dan membatasi penggunaan gadget pada anak.

Orangtua juga perlu melakukan komunikasi intens dan hangat kepada anak dan mendorong anak untuk melakukan kegiatan positif yang bersifat fisik dalam kehidupan sehari-hari seperti menyapu, menyiram tanaman, membantu memasak, dan sebagainya.

“Orangtua hendaknya juga mendorong anak untuk tetap bersosialisasi dengan teman sebaya dengan berbagai cara,” tambahnya. (halopacitan.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories