Bahaya Serangan Malware Bagi yang Suka Download File Secara Online

Jangan Sembarang Download File Secara Online, Ini Cara Mencegah dari Malware! (https://cms.kmbmedia.id/#/posts/create)

Tetap aman saat berselancar di dunia maya adalah hal yang harus dilakukan. Hal ini karena Anda selalu berisiko menemukan situs web atau file berbahaya yang penuh dengan virus di internet.

Jika Anda mengunduh file dan perangkat lunak berbahaya, maka sama saja Anda membawa virus sebagai tamu tak diundang yang akan menyerang perangkat Anda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Mencegah Malware Akibat Download File Secara Sembarangan

Cara Mencegah Malware Akibat Download File Secara Sembarangan

1. Cari sumber resmi

Ketika Anda mengunduh file atau perangkat lunak apapun, Anda harus menemukannya terlebih dahulu di sumber resmi. Jika Anda mengunduh file dari sumber resmi, maka Anda menurunkan risiko komputer atau perangkat Anda untuk terkena malware.

2. Periksa sertifikat SSL pada situs web

Hindari mengunjungi situs web yang tidak memiliki sertifikat SSL. Sertifikat ini akan memberikan koneksi terenkripsi yang aman antara browser Anda dan server web tempat situs yang sedang Anda kunjungi.

Anda bisa mengetahuinya dengan melihat ikon gembok tepat sebelum URL. Tanda gembok itu artinya koneksi yang dimiliki browser Anda dengan situs web telah dienkripsi.

3. Periksa domain TLD

Jangan biarkan penipu menipu Anda dengan website TLD (top level domain). TLD adalah bagian dari nama domain yang biasanya muncul di akhir dan dipisahkan dengan titik dari nama domain utama, seperti .COM, .ORG, dan .NET.

Hal ini karena peretas sering mendaftarkan nama domain yang sama dengan situs web resmi dengan TLD domain yang berbeda. Jadi, ada baiknya jika Anda selalu mengawasi TLD domain ketika mengunduh file yang tampak dari sumber resmi.

4. Awasi ekstensi file

Anda dapat menyelamatkan diri dari malware dengan melihat ekstensi file sebelum Anda membuka file usai mengunduh. Pastikan jenis file yang Anda unduh memiliki ekstensi yang benar misalnya file gambar menggunakan JPEG, PNG, atau format populer lainnya.

5. Cari ulasan situs web

Untuk mengetahui apakah situs web yang Anda tuju itu aman, Anda bisa mencari pendapat orang lain dengan melihatnya di Google. Caranya ketikkan allintitle: nama website ke dalam bilah pencarian Google, lalu tekan Enter. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories