Bakalan Seru Nih, Nokia Semakin Percaya Instal Internet 4G di Bulan

ilustrasi (Nokia)

Nokia secara resmi mengumumkan rencananya untuk menginstal broadband 4G di bulan akhir tahun ini. IJaringan yang akan digunakan sebagai bagian dari program Artemis NASA.

Nokia sudah berencana untuk menyebarkan internet 4G di Bulan untuk program Artemis NASA. Program  yang dijadwalkan  akan mengembalikan manusia ke Bulan. Pada tahun 2020, Nokia menyatakan telah dipilih oleh NASA untuk membuat jaringan seluler pertama di Bulan. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Finlandia ini akhirnya ingin menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu tiga tahun kemudian.

CNBC melaporkan Selasa 28 Maret 2023, Nokia berharap dapat mengoperasikan broadband 4G di Bulan pada akhir tahun ini. Perusahaan Finlandia akan mengandalkan roket SpaceX untuk membawa perlengkapan yang diperlukan ke satelit alami bumi tersebut. Jaringan ini akan ditenagai oleh pangkalan yang terhubung dengan pendarat bulan Nova-C. Sebagai bagian dari ekspedisi, penjelajah bertenaga surya.

Begitu sampai di Bulan, penjelajah dan pendarat akan berinteraksi satu sama lain melalui akses internet LTE. CNBC melaporkan bahwa pangkalan jaringan akan mendarat di dekat kutub selatan Bulan di Kawah Shackleton. Masuk akal untuk mengatur basis jaringan terdekat karena area satelit bulan ini akan digunakan untuk misi Artemis di masa depan.

Perusahaan seperti Aquarius Space telah berjanji untuk memasang Wi-Fi di Bulan dalam beberapa tahun ke depan. Jadi  tidak mengherankan melihat Nokia mendorong untuk tahun ini juga.

NASA berencana untuk mendasarkan sebagian besar penelitian ruang angkasa masa depannya di Bulan untuk meluncurkan roket dan pesawat ruang angkasa jarak jauh lainnya ke orbit. Misalkan Nokia berhasil membangun koneksi internet yang andal di Bulan, ini, ini akan membantu meringankan beberapa kesulitan komunikasi yang membayangi masa depan stasiun Bulan. (TrenAsial.)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories