Begini Cara untuk Mengikuti Vaksin Booster di Sumbar

Pelaksanaan vaksinasi dosis ke 3 atau booster yang ditujukan untuk para lansia di kawasan Perumahan Banjar Wijaya Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Senin 17 Januari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Pemerintah telah memulai melakukan vaksin COVID-19 dosis 3 atau dikenal dengan vaksin booster.

Vaksin ini hanya bisa diberikan kepada orang yang sudah melakukan vaksin dosis 1 dan 2. Namun khusus di Indonesia, vaksin booster baru bisa diberikan kepada wilayah yang sudah mencapai vaksinasi minial di angka 70 persen dari jumlah penduduk di suatu wilayah.

Namun ketentuan itu juga tidak menjadi keharusan dan juga ada pengecualiannya. Dimana wilayah yang belum mencapai 70 persen vaksinasi masih bisa melanjutkan vaksin booster, tapi hanya khusus untuk para lanjut usia atau lansia.

Seperti halnya di Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Arry Yuswandi menyatakan belum semua daerah yang bisa mengikuti vaksin booster tersebut. Alasannya, masih banyak daerah yang belum mencapai vaksinasi minimal.

Arry menyebutkan kendati belum semua bisa menjalankan vaksin booster, tapi itu hanya berlaku untuk umum. Khusus bagi lansia di seluruh daerah di Sumatera Barat bisa untuk melanjutkan vaksin booster.

Cara bagi para lansia untuk mengikuti vaksin booster di seluruh daerah di Sumatera Barat. Bisa dicek di aplikasi PeduliLindungi, dan di sana bisa tahu kapan waktu bisa dilakukan vaksin boosternya.

Lokasi untuk vaksin booster bisa dilakukan di Puskesmas dan Rumah Sakit pemerintah. Pemberian vaksin juga masih gratis, seperti halnya untuk vaksin dosis 1 dan dosis 2.

Artinya untuk masyarakat umum yang ingin mengikuti vaksin booster perlu memahami kondisi capaian vaksinasi di wilayah domisili. Bila sudah mencapai minimal 70 persen, bisa dilanjutkan ke dosis 3.

Editor: Sutan Kampai
Sutan Kampai

Related Stories