Besok, Mahyeldi-Audy Dilantik Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Mahyeldi-Audy. Foto: ist

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih Mahyeldi-Audy Joinaldi akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, besok Kamis 25 Februari 2021.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman Rizal mengatakan untuk persiapkan pelantikan itu, Mahyeldi-Audy juga tengah dalam perjalanan menuju Jakarta.

"Gubernur dan Wagub Sumbar terpilih itu akan dilantik besok Kamis (25/2) secara langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara di Jakarta," katanya, Rabu 24 Februari 2021.

Menurut Jasman informasi terkait pelantikan Mahyeldi-Audy itu diterima langsung dari Kementerian Dalam Negeri dan Sekretaris Negara.

Terkait pelantikan tersebut, pejabat Pemprov Sumbar tidak ada yang diundang. Undangan hanya diberikan pada Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur terpilih beserta istri, dan ditambah dengan Ketua DPRD Sumbar.

Sebelumnya, KPU Sumbar dan DPRD sudah menetapkan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi pemenang Pilgub Sumbar 2020. Pasangan diusung koalisi PKS dan PPP ini meraih sebanyak 726.853 suara.

Mereka unggul dari pasangan nomor urut 2 dari Partai Gerindra Nasrul Abit – Indra Catri yang memperoleh 679.069 suara.

Pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni dari koalisi Demokrat-PAN menempati posisi ketiga dengan raihan 614.477 suara.

Di posisi terakhir, ada pasangan Fakhrizal-Genius Umar dari koalisi Golkar, Nasdem dan PKB yang hanya mengumpulkan 220.893 suara.

Bagikan

Related Stories