Bikin Pilu, Jelang Indonesia Vs Argentina Sang Messi Resmi Berpisah dengan PSG

Lionel Messi. (Sky Sports)

Lionel Messi memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan Paris Saint-Germain (PSG) yang berakhir 30 Juni 2023 mendatang. Hal itu membuat sang bintang bakal berstatus ‘tanpa klub’ menjelang FIFA Matchday antara Indonesia melawan Argentina di Jakarta, Senin 19 Juni 2023. 

Kabar hengkangnya Messi dari Paris dibeberkan Pelatih PSG, Christophe Galtier. Sang pelatih mengatakan duel PSG kontra Clermont Foot pada Ligue 1, Sabtu 3 Juni 2023, akan menjadi laga pamungkas Messi di Les Parisiens. “Saya punya kehormatan melatih pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Ini akan jadi pertandingan terakhir Messi di Parc des Princes. Saya harap dia akan mendapat sambutan hangat,” ujar Galtier dikutip dari Daily Mail, Jumat 2 Juni 2023.

Kontrak Messi di PSG sejatinya baru kelar akhir Juni 2023. Namun sang pemain dan manajemen memutuskan tidak memperpanjang kerja sama yang sudah berlangsung dua tahun terakhir. Setelah laga melawan Clermont Foot, Messi dikabarkan bakal segera bergabung dengan Timnas Argetina untuk tur Asia. 

Hingga kini pemain berjuluk La Pulga itu belum mengambil keputusan tentang masa depannya. Messi diyakini belum akan mengambil keputusan penting hingga Argentina menyelesaikan tur Asia. Sejauh ini striker 35 tahun itu santer dikaitkan dengan mantan klubnya, Barcelona serta klub Arab Saudi Al Hilal.

Merujuk laporan L'Equipe, Barcelona disebut tengah menjajaki kemitraan dengan klub lain untuk membawa kembali Messi ke Camp Nou. Barca dikabarkan telah membuka diskusi dengan tim Major League Soccer (MLS) Inter Miami untuk membuat kesepakatan jual beli. 

Solusi Finansial 

Nantinya, Miami yang akan mengontrak Messi usai lepas dari PSG. Miami kemudian akan meminjamkan Messi ke Barcelona selama 18 bulan. Kesepakatan itu memungkinkan Messi tetap bermain di level tertinggi hingga menuju Copa America 2024. Setelah itu Messi bakal mengakhiri kariernya bersama Miami.

Strategi ini diklaim menjadi solusi problem finansial jika Barcelona memaksakan diri mengontrak Messi secara permanen. Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, optimistis Messi akan kembali merumput di Camp Nou. “Saya tidak ragu jika Messi kembali, dia akan membantu kami dalam hal apapun yang ingin kami capai. Dia masih memiliki rasa lapar,” ujarnya.

Hubungan Messi dengan PSG dan suporter klub kian renggang selama beberapa bulan terakhir. Belum lama ini dia mendapatkan sanksi klub usai mangkir latihan lantaran memenuhi undangan Arab Saudi untuk menjadi duta wisata. Terakhir, Messi memilih nonton konser Coldplay di Barcelona ketimbang mewakili PSG dalam seremonial Persatuan Pesepakbola Profesional Prancis (UNFP) akhir pekan lalu. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags PSGMessiBagikan
Egi Caniago

Related Stories