Breaking News! Dua Pesawat Angkut Militer Turki Terjebak di Bandara Ukraina

Pesawat A-400 Turki (Turkey Air Force)

Dua pesawat angkut militer Airbus A400M Angkatan Udara Turki terjebak di Ukraina saat invasi Rusia berlanjut.

Pesawat-pesawat tersebut tiba di Bandara Internasional Boryspil di luar ibu kota Ukraina, Kyiv, beberapa jam sebelum dimulainya invasi Rusia ke Ukraina.

Saat ini dua A400M Turki terlihat pada gambar satelit terbaru duduk di seberang terminal bandara Boryspil. Pesawat militer Turki tidak dapat meninggalkan Kyiv karena risiko tinggi terhadap keselamatan penerbangan karena penggunaan senjata dan peralatan militer. Dilaporkan  awak pesawat  aman dan hidup mereka tidak dalam bahaya.

Ukraina telah menutup wilayah udaranya untuk semua penerbangan setelah Rusia memulai aksi militer di negara itu. Regulator penerbangan Eropa juga memperingatkan bahaya terbang di daerah yang berbatasan dengan Rusia dan Belarusia.

Citra satelit yang menunjukkan dua A-400 Turki di Ukraina

Perusahaan Layanan Lalu Lintas Udara Negara Ukraina mengatakan di situs webnya bahwa wilayah udara negara itu ditutup untuk penerbangan sipil mulai dari 00:45 GMT pada hari Kamis, dengan layanan lalu lintas udara ditangguhkan.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan wilayah udara di Rusia dan Belarusia dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan mereka dengan Ukraina juga dapat menimbulkan risiko keselamatan. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi

Related Stories