Buku Biografi Jokowi dalam Bahasa Spanyol Merambah Pasar Barcelona

Menginspirasi Dunia, Buku Biografi Jokowi Berbahasa Spanyol Dirilis di Barcelona (Redaksi)

BARCELONA - Kesuksesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memimpin Indonesia selama hampir satu dekade menjadikannya salah satu pemimpin yang menjadi inspirasi berbagai kalangan. Kisah sukses kepemimpinan dan pembangunan yang dilakukan Jokowi kini semakin mendunia dengan diluncurkannya buku biografi 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia' dalam bahasa Spanyol oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi di sela-sela acara ramah tamah bersama diaspora di Barcelona, Spanyol pada Selasa, 27 Februari 2024.

Sebelumnya, buku biografi ini pertama kali diterbitkan tahun 2020 dan telah sukses beredar dalam versi bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Arab. Biografi ini merangkum capaian-capaian Jokowi dalam membangun Indonesia di berbagai bidang. Mulai dari membangun pemerataan layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan hingga berbagai infrastruktur yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Budi Arie mengungkapkan, penerbitan biografi 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia' dalam berbagai bahasa dimaksudkan agar menjadi inspirasi untuk berbagai kalangan di dunia. Mengingat Jokowi merupakan sosok penting dan berpengaruh dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air, salah satunya sektor digital.

"Presiden Joko Widodo telah berhasil menjadikan Indonesia bertransformasi menyongsong visi Indonesia Emas 2045 melalui pemerataan infrastruktur digital, khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T)," ujar Budi Arie.

Budi Arie juga menyampaikan, transformasi digital dibutuhkan untuk menjadi pondasi Indonesia Emas 2045. Dalam hal ini, pihaknya mendorong empat pilar transformasi digital yaitu penyediaan infrastruktur digital, pemerataan digital melalui pembangunan pusat data nasional, akselerasi ekonomi digital dan mengembangkan masyarakat digital.

"Visi Indonesia Digital 2045 merupakan suatu keniscayaan. Kita terus dorong empat pilar transformasi digital yaitu penyediaan infrastruktur digital, pemerataan digital melalui pembangunan pusat data nasional, akselerasi ekonomi digital, dan mengembangkan masyarakat digital," urai Budi Arie.

Budi Arie optimistis dengan pencapaian pemerintah di sektor digital saat ini, Indonesia akan menjadi salah satu dari 10 negara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terbesar di dunia.

"Digitalisasi akan mengantarkan Indonesia keluar dari middle trap income dan masuk ke dalam jajaran 10 negara dengan PDB terbesar di dunia", tegas Budi Arie.

Buku biografi yang ditulis Darmawan Prasodjo ini memberi gambaran bagaimana leadership Presiden Joko Widodo dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap stabil yang didukung oleh konektivitas seluruh wilayah. Keberhasilan kepemimpinan dan pembangunan Presiden Jokowi ini menjadi inspirasi banyak orang dan perlu dilanjutkan oleh para pemimpin yang akan menahkodai Indonesia ke depan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 01 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories