Cara Ampuh Menjaga Hard Drive Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hard Drive Agar Awet Tahan Lama (Freepik.com)

JAKARTA - Hard drive adalah komponen penting di komputer karena berfungsi untuk menyimpan data yang berharga. Umur hard drive memang bisa bervariasi, tapi perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur hard drive.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi usia hard drive, seperti kualita produksi hard drive, kebiasaan penggunaan perangkat, dan kondisi lingkungan. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda dapat mengetahui beberapa cara agar umur hard drive Anda lebih panjang.

Cara Merawat Hard Drive Laptop atau Komputer Agar Tetap Awet

1. Pilih Hard Drive yang Terpercaya

Anda perlu memilih hard drive dari produsen terkemuka untuk membantu memperpanjang masa pakainya. Jika terjadi cacat produksi, hal itu akan membuat hard drive rusak lebih cepat.

Anda bisa memilih merek terkenal dengan quality control yang ketat seperti Seagate, Toshiba, dan Western Digital. Anda juga bisa mempertimbangkan kebutuhan Anda seperti apakah Anda fokus pada kecepatan, anggaran, atau keduanya.

2. Gunakan dengan Hati-hati

Melindungi hard drive dari kerusakan fisik sangat penting untuk dilakukan untuk memperpanjang masa pemakaiannya. Namun, jika Anda menjatuhkan hard drive bisa menjadi bencana besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan, dan membuat komponen tidak sejajar atau merusak read/write head.

Tangani drive eksternal dengan hati-hati dan hindari menjatuhkan laptop Anda untuk melindungi drive internal. Saat membeli secara online, Anda juga perlu memilih jasa pengiriman yang dapat diandalkan untuk meminimalisir risiko kesalahan dalam penanganan.

3. Lindungi Drive dari Listrik Statis

Anda perlu melindungi hard drive dari listrik statis untuk membuat umur hard drive jadi lebih panjang. Hal ini karena listrik statis dapat merusak komponen elektronik yang sensitif.

Untuk melindungi drive Anda, Anda perlu mengenakan anti-static wrist saat bekerja dengan komputer. Cara tersebut akan mencegah penumpukan listrik statis agar tidak terbuang ke dalam drive.

Hindari meletakkan drive pada bahan sintetis atau pakaian yang dapat menghasilkan listrik statis. Gunakan alas anti-statis untuk perlindungan ekstra. Pegang drive pada bagian tepinya agar tidak menyentuh papan sirkuit atau komponen. Simpan hard drive eksternal atau yang tidak terpakai di dalam kantong anti-statis. Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini, Anda mengurangi risiko kerusakan akibat listrik statis.

4. Jangan Cabut Hard Drive Eksternal Tanpa Eject Terlebih Dahulu

Selalu keluarkan hard drive eksternal Anda sebelum mencabutnya. Dengan eject terlebih dahulu, hal ini akan memungkinkan sistem operasi melepas drive dan menstabilkan bagian yang hard drive bergerak. Selain itu, pemutusan sambungan secara tiba-tiba dapat menyebabkan fluktuasi tegangan atau lonjakan listrik serta dapat merusak sirkuit drive.

5. Gunakan Power Supply Berkualitas Tinggi

Unit catu daya (PSU) berkualitas tinggi sangat penting untuk melindungi hard drive Anda. Hard drive memiliki perlindungan bawaan terhadap fluktuasi daya kecil. Namun lonjakan yang berkepanjangan atau parah dapat menyebabkan kerusakan. PSU yang berkualitas dari pabrikan terkemuka memberikan daya yang stabil yang mencakup fitur-fitur seperti tegangan berlebih, tegangan rendah, korsleting, dan perlindungan lonjakan arus. Fitur tersebut yang akan mencegah fluktuasi yang berbahaya. 

6. Jangan Sampai Hard Drive Terlalu Panas, dan Lindungi dari Kelembapan

Panas berlebih memperpendek umur hard drive. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga suhu di bawah 55°C, bahkan selama penggunaan berat. 

Pastikan komputer Anda berada di tempat yang berventilasi baik, jauh dari sumber panas. Bersihkan debu dan kotoran dari ventilasi pembuangan untuk mencegah penyumbatan aliran udara. 

Hindari membuat casing komputer Anda penuh sesak. Pantau suhu hard drive Anda. Jika panas, maka segera pindahkan, atau kendalikan suhu sekitar. Anda juga dapat meningkatkan sistem pendingin komputer Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar hard drive bisa awet tahan lama.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 17 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories